Contoh Soal Konsep Lingkungan

Contoh Soal Konsep LingkunganLingkungan bisa kita artikan sebagai segala hal yang ada di luar individu yang merupakan sistem yang kompleks. Di dalam lingkungan, antara satu komponen dengan komponen yang lainnya saling mempengaruhi. Pengaruh antarkomponen tersebut bisa bersifat positif atau pun bersifat negatif.
        Dari definisi lingkungan yang sudah dipaparkan di atas, dapatkah kamu sebutkan dimana saja tempat yang bisa disebut sebagai lingkungan? Yuup! Semua tempat bisa disebut sebagai lingkungan, asalkan tersebut memiliki physical (faktor fisik), chemical (faktor kimia), dan biotic condition (faktor biotik) sesuai dengan definisi lingkungan tadi. Kamar tempatmu tidur bisa disebut sebagai lingkungan, kelas tempatmu belajar juga bisa disebut sebagai lingkungan, bahkan pasar tempat orang-orang berjual-beli pun bisa disebut sebagai lingkungan. 

Komponen penyusun lingkungan

Semua tempat memang bisa disebut sebagai lingkungan. Akan tetapi, kita harus ingat satu hal. Coba lihat definisi lingkungan tadi. Di sana terlihat dengan jelas bahwa lingkungan mempunyai komponen penyusun. Apa saja komponen penyusun lingkungan itu? 
1. Komponen biotik
Komponen biotik adalah komponen yang merupakan benda-benda hidup atau kita menyebutnya sebagai makhluk hidup, yaitu manusia, hewan, tumbuhan, dan juga jasad renik. 
Contoh: di halaman di depan rumah. Komponen biotiknya adalah bunga anggrek (tanaman secara utuh, bukan bunganya saja), pohon jambu, pohon mangga, semut, kupu-kupu, jamur, lumut, serangga, cacing, ulat, dan lain-lain.
2. Komponen abiotik
Komponen abiotik adalah komponen yang merupakan benda-benda tak hidup atau kita menyebutnya sebagai benda mati, yaitu air, tanah, udara, cahaya, dan sebagainya.
Contoh: di padang pasir. Komponen abiotiknya adalah pasir, angin, cahaya matahari, dan mungkin air yang letaknya di bawah padang pasir tersebut.

Contoh Soal Konsep Lingkungan

Pilihan Tunggal
Menurut definisi lingkungan, ruang angkasa tidak bisa disebut sebagai lingkungan. Hal ini dikarenakan faktor berikut, kecuali ....
Pilihan Tunggal
Tempat berikut ini bisa disebut sebagai lingkungan, kecuali ....
Pilihan Tunggal
Berikut ini yang termasuk komponen biotik dari sebuah kolam adalah ....
Pilihan Tunggal
Buaya bisa digolongkan ke dalam komponen biotik dari lingkungan ....
Pilihan Tunggal
Faktor abiotik yang paling terlihat jelas dari lingkungan padang pasir adalah ....
Pilihan Tunggal
Lingkungan yang memiliki faktor biotik yang sangat banyak dan beraneka ragam adalah ....
Pilihan Tunggal
Disebutkan data sebagai berikut.
1. Air
2. Tanah
3. Sinar matahari
4. Pasir
5. Lumpur
6. Angin
7. Pohon
8. Burung
9. Jamur
10. Semut
Komponen biotik dan abiotik dari lingkungan halaman rumah adalah ....
Pilihan Tunggal
Lumpur merupakan komponen abiotik dari lingkungan berikut, kecuali ....
Pilihan Tunggal
Salju termasuk ke dalam komponen ... dari lingkungan beriklim subtropis.
Pilihan Tunggal
Lingkungan berikut yang merupakan lingkungan alami dan bukan buatan manusia adalah ....
Tentang:

Share:


Artikel Terkait

1 komentar: