Berikut disajikan bahan persiapan UN 2018/2019 tingkat SMP/MTs. mata pelajaran bahasa Indonesia meliputi kisi-kisi, soal, pembahasan, dan ringkasan materi.
Kisi-kisi terdiri atas lima ruang lingkup materi, yaitu membaca nonsastra, membaca sastra, menulis terbatas, menyunting kata, kalimat, dan paragraf, dan menyunting ejaan dan tanda baca.
Kisi-kisi berikut disusun berdasarkan kisi-kisi UN 2017/2018 dan soal UNKP Bahasa Indonesia SMP/MTs. tahun pelajaran 2017/2018
A. RUANG LINGKUP MATERI MEMBACA NON SASTRA
1. Menentukan makna kata/kalimat pada teks
2. Menentukan informasi tersurat teks
3. Menentukan bagian teks/Kalimat utama paragraf
4. Menentukan ide pokok
5. Menyimpulkan isi teks
6. Menyimpulkan pendapat pro/kontra dalam teks
7. Meringkas isi teks
8. Membandingkan penggunaan bahasa, dan pola penyajian beberapa jenis teks
9. Menilai keunggulan/kelemahan teks
10. Mengomentari isi teks
B. RUANG LINGKUP MATERI MEMBACA SASTRA
1. Menentukan makna kata dalam cerpen dan fabel
2. menentukan makna tersurat dalam cerpen dan fabel
3. menentukan bagian cerpen dan fabel
4. Menyimpulkan makna simbol dalam cerpen dan fabel
5. menyimpulkan isi tersirat dalam cerpen/fable
6. Menyimpulkan sebab/akibat konflik
7. Membandingkan pola pengembangan cerpen dan fabel
8. Membandingkan penggunaan bahasa cerpen/fabel
9. menunjukkan bukti latar dan watak
10. Mengaitkan isi dengan kehidupan saat ini
11. mengomentari unsur intrinsik karya sastra
C. RUANG LINGKUP MATERI MENULIS TERBATAS
1. melengkapi istilah/kata dalam kalimat
2. menyusun urutan kalimat berbagai jenis teks
3. melengkapi paragraf
4. melengkapi bagian teks (eksposisi, deskripsi, ulasan, dan lain-lain)
5. Memvariasikan kata
6. Memvariasikan kalimat
7. menulis dengan ilustrasi tertentu
8. Mengubah teks ke bentuk lain
D. MENYUNTING KATA, KALIMAT, DAN PARAGRAF
1. menunjukkan kata yang tidak sesuai kaidah
2. menunjukkan kalimat yang tidak sesuai kaidah
3. menggunakan kata bentukan (mengisi kata sesuai kaidah bentukan kata)
4. mengisi konjungsi dalam kalimat
5. Memperbaiki kesalahan penggunaan kata, kalimat, dan ketidakpaduan paragraph
6. menentukan alasan kesalahan penggunaan kata, kalimat, dan ketidakpaduan paragraf
E. MENYUNTING EJAAN DAN TANDA BACA
1. Menunjukkan kesalahan penggunaan ejaan
2. Menunjukkan kesalahan penggunaan tanda baca
3. Menggunakan ejaan
4. Menggunakan tanda baca
5. Memperbaiki kesalahan penggunaan ejaan
6. Memperbaiki kesalahan penggunaan tanda baca
SOAL DAN PEMBAHASAN
SOAL UN 2017/2018 BAHASA INDONESIA SMP/MTs.
1. Bacalah teks Berikut!
Upaya mewujudkan lingkungan yang sehat ditempuh dengan beragam upaya. Pertama, diperlukan upaya persuasif untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang pentingnya lingkungan yang sehat. Kedua, perlu ditunjukkan contoh nyata peran lingkungan sehat dalam kehidupan. Ketiga, masyarakat perlu dilibatkan dalam setiap kegiatan menjaga lingkungan agar tetap bersih dan sehat.
Makna kata persuasif pada teks tersebut adalah…
A. meyakinkan melalui cara membujuk
B. Memberi tahu dengan cara kekerasan
C. meyakinkan dengan memberikan ceramah
D. memberikan imbauan menuju kebaikan
2. Bacalah teks Berikut
(1) Ajakan Pemerintah Provinsi DKI untuk bermain Pokemon Go di Balai Kota Jakarta menimbulkan perdebatan di masyarakat. (2) Kedatangan masyarakat untuk bermain permainan tersebut diharapkan bisa meningkatkan kunjungan wisatawan. (3) Namun demikian, muncul kekhawatiran masyarakat akan dampak negatif dari permainan itu.
Maksud kalimat nomor (1) pada teks tersebut adalah
A. Masyarakat DKI sangat antusias menyambut permainan Pokemon Go
B. Permainan Pokemon Go dapat dilakukan di Balai Kota Jakarta saja.
C. Tidak semua masyarakat setuju dengan ajakan untuk bermain Pokemon Go di Balai Kota Jakarta.
D. Pemerintah DKI Jakarta melarang masyarakat untuk bermain Pokemon Go di balai Kota Jakarta.
3. Bacalah teks Berikut!
Dalam sebuah penelitian tentang minat baca, hanya 22% responden yang menyukai buku digital. Sebagian besar responden lebih menyukai buku cetak meskipun buku digital memiliki beberapa unggulan. Selain alasan kenyamanan mata pada saat membaca, sedikitnya judul buku dalam versi digital juga menjadi alasan responden lebih menyukai buku cetak.
Pernyataan yang sesuai dengan isi teks tersebut adalah…
A. Kenyamanan mata dalam membaca menjadi alasan memilih buku digital.
B. Hanya sebagian kecil responden menyukai buku digital.
C. Buku digital memiliki banyak keunggulan daripada buku cetak.
D. Koleksi buku digital sangat bagus sehingga disukai oleh responden.
4. Bacalah teks berikut!
(1) Berbagai pihak dilibatkan untuk menyukseskan Gerakan Literasi Sekolah (GLS). (2) Masing-masing pihak memiliki peran yang berbeda-beda. (3) Meskipun terasa berat, semua bahu-membahu demi terwujudnya warga sekolah yang literat. (4) Harus diakui bahwa selama ini minat baca warga sekolah sangat rendah.
Kalimat yang menyatakan hubungan pertentangan pada teks tersebut ditandai dengan nomor….
A. (1)B. (2)
C. (3)
D. (4)
5. Bacalah paragraph berikut!
Seseorang akan diuji dengan apa yang dia miliki. Ketika memiliki ilmu, dia akan diuji dengan seberapa jauh kemampuannya memanfaatkan ilmu. Ketika mempunyai harta, dia akan diuji dengan keikhlasannya mendistribusikan hartanya untuk orang lain. Di saat menduduki jabatan, ia akan diuji dengan seberapa jauh kemampuannya mempertanggungjawabkan wewenang yang diembannya.
Ide pokok paragraf tersebut adalah….
A. ujian hidup seseorang
B. kebahagiaan keluarga
C. seseorang memiliki harta
D. tanggung jawab wewenang
6. Bacalah paragraf berikut!(1) Terkena serangan jantung adalah pembunuh utama di dunia. (2) Banyak faktor yang membuat seseorang terkena serangan jantung. (3) Salah satu di antaranya adalah tingginya kolesterol dalam tubuh. (4) Jumlah lemak yang dikonsumsi juga menjadi salah satu dari beberapa pemicu kolesterol.
Kalimat utama paragraf tersebut ditandai dengan nomor….
A. (1)
B. (2)
C. (3)
4. (4)
7. Bacalah teks berikut!Bagi anak-anak, bermain merupakan aktivitas yang menyenangkan. Selain itu, bermain dapat digunakan untuk melatih otak si kecil agar siap belajar. Belajar pun bisa menangani emosi. Hal ini dapat diibaratkan otot, kalau tidak dilatih tidak akan terbentuk. Permainan memiliki banyak manfaat bagi anak dalam usia perkembangan.
Simpulan isi teks tersebut adalah ….
A. Bermain tak punya kaitan dengan kecerdasan anak.B. Setiap anak usia perkembangan perlu diberikan permainan.
C. Permainan dapat mempengaruhi kondisi emosional anak.
D. Permainan hanya membuat anak menjadi senang semata.
8. Bacalah teks berikut!Karakter adalah kunci keberhasilan individu. Karakter merupakan nilai-nilai perilaku manusia yang berhubungan dengan Tuhan Yang Maha Esa, diri sendiri, sesama manusia, lingkungan, dan kebangsaan. Hal tersebut terwujud dalam pikiran, sikap, perasaan, perkataan, dan perbuatan. Perbuatan atau perilaku manusia tersebut berdasarkan norma-norma agama, hukum, tata karma, budaya, dan adat istiadat.
Pendidikan karakter penting bagi pelajar. Pendidikan karakter tidak hanya diterapkan di sekolah, tetapi di rumah dan di lingkungan sosial. Peserta pendidikan karakter tidak hanya anak usia dini hingga remaja, tetapi juga usia dewasa. Pendidikan karakter penting bagi pelajar karena berguna untuk kelangsungan hidup bangsa Indonesia. Sudakah kalian menyadari?
Ringkasan teks tersebut adalah …
A. Kunci keberhasilan individu adalah pendidikan karakter yang diterapkan di sekolah, rumah, dan lingkungan sosial.
B. Karakter adalah kunci keberhasilan individu yang penting bagi pelajar pada usia dini hingga remaja.
C. Pendidikan karakter diterapkan di sekolah, rumah, dan lingkungan sosial karena kunci keberhasilan.
D. Karakteristik adalah kunci keberhasilan individu sehingga pendidikan karakter penting bagi pelajar.
9. Bacalah kedua teks berikut!
Teks I | Teks II |
Pensiun merupakan masa seseorang berhenti bekerja. Banyak yang mengalami syndrome saat mendekati pensiun. Makanya sebelum pensiun diberi wejangan dulu | Upaya pembenahan transportasi publik terus dilakukan. Selain menambah jaringan rute bus, juga memperbaiki sistemnya. |
Perbedaan penggunaan bahasa pada kedua teks tersebut adalah...
Teks I | Teks II | |
A | kata tidak baku | kata-kata baku |
B | istilah asing | menggunakan ungkapan |
C | bahasa resmi | bahasa sehari-hari |
D | kalimat tunggal | kalimat majemuk |
10. Bacalah kedua kutipan cerita berikut!
Kutipan I | Kutipan II |
“Cepat naik!” “Tidak biarkan aku sendiri…!” “Kamu jangan gila, ini tengah malam, kamu mau naik apa? Apakah kamu akan berjalan kaki sampai kos?” Aku terus berjalan. Kurasakan air mataku berderai membasahi pipi. Hatiku sudah terlanjur sakit… | Sebelum jam 5, Min sudah berkemas. Kira-kira setengah jam kemudian dia nampak seperti astronot siap ke angkasa. Jaket, helm, dan handuk kecil menjadi kostum resminya. Jam setengah enam, pelanggan ojek pertamanya adalah Rusmi, bakul sayuran di Pasar Legi. Hampir semua langganan ojeknya adalah pedagang sayur. Sekita jam 9, Min baru nongkrong di pangkalan ojek sampai sore. |
Perbedaan pola pengembangan kedua kutipan cerita tersebut adalah dimulai dengan….
Kutipan I | Kutipan II | |
A | latar cerita | aksi tokoh |
B | aksi tokoh | masalah yang harus diselesaikan |
C | garis besar cerita | aksi tokoh |
D | aksi tokoh | garis besar cerita |
11. Bacalah kutipan cerita berikut!
Nasib orang tidak pernah diduga. Benar kata orang bijak, jodoh, mati, bahagia dan celaka, itu rahasia Tuhan. Manusia hanya bisa berikhtiar, tetapi Sang Kuasa yang menentukan. Namun, bukan berarti harus pasrah. Berusaha adalah Jalan terbaik. Bahkan, disukai Tuhan. Banyak orang yang tadinya biasa saja, tiba-tiba setelah sekian waktu jadi orang luar biasa. Ketua RT yang tiga tahun mengabdi itu telah menjadi orang penting di perusahaan yang sudah berdiri bertahun lamanya. Ia tengah dipercaya menjadi tangan kanan pimpinan perusahaan itu. Makna ungkapan tangan kanan pada kutipan cerita tersebut adalah….
A. orang kesayangan
B. orang kepercayaan
C. orang kebanggaan
D kekeluargaan
12. Bacalah kutipan cerita berikut!
Di sekolah mereka, murid-murid sedang heboh mengenai wangi bunga yang menyengat saat jam istirahat.“Wangi apaan nih?’
“Ha…kok wanginya kayak melati.”
“Aku heran dari mana sih datangnya wangi melati ini.”
“Gimana kalau kita cari tau dari mana asalnya wangi melati ini, Setuju gak?” tanya Keisha.
Mereka berencana menyusun strategi yang akan dilakukan nanti malam.
Pernyataan yang sesuai dengan isi kutipan cerita tersebut adalah ….
A. Di kelas Keisha ada bunga melati.B. Murid-murid menyenangi wangi bunga melati.
C. Murid-murid mendiskusikan cara merawat bunga melati.
D. Keisha dan teman-teman ingin mencari sumber wangi di kelasnya.
……………
Tidak ada komentar:
Posting Komentar