11 Kota dan Kabupaten Tertua di Indonesia

Kota Tertua di Indonesia – Indonesia terkenal dengan ribuan pulaunya dan dengan jutaan kisah dan sejarah yang ada didalamnya. Bayangkan saja dalam satu pulau, terdapat beberapa provinsi, dan didalam satu provinsi memiliki banyak kabupaten dan kecamatan. Begitu kaya Indonesia ini tidak hanya wilayahnya namun suku, ras, budaya dan kebiasaannya. Namun bukan Indonesia namanya jika tidak bersatu menjadi kesatuan utuh yaitu NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonesia). Kota manasaja kah yang termasuk kota tertua di Indonesia?

Indonesia merupakan salah satu Negara yang sangat beruntung, memiliki kekayaan alam yang begitu melimpah. Mulai dari keindahan alamnya, keanekaragaman satwanya, keanekaragaman kulinernya, dan tentunya tempat wisata yang elok dari sabang hingga merauke. tak heran jika banyak kota tua di indonesia ini yang memiliki sejarah yang kental, Tentu saja hal ini menjadikan daya tarik bagi wisatawan asing maupun lokal untuk mengunjungi tempat-tempat wisata yang ada di Indonesia kita tercinta ini.


Kota Tertua di Indonesia


Tugas kita sebagai warga Negara Indonesia yang baik, hanya lah dengan menjaga dan melestrarikan budaya, serta keindahan alam yang ada. Agar kelak cucu-cucu kita pun ikut dapat merasakan indahnya Indonesia ini. Memang butuh kesadaran yang lebih bagi kita semua sebagai rakyat Indonesia guna menggapai cita-cita tersebut.

Kota Tertua di Indonesia dengan Beragam Sejarahnya

 Dalam artikel ini akan saya bagikan beberapa informasi mengenai Kota Tertua di Indonesia. Di setiap kota atau di setiap wilayah di Indonesia memiliki sejarahnya masing-masing. Termasuk hal penting bagi wisatawan untuk mengetahui kota mana saja yang termasuk kota tertua di Indonesia . dibawah ini akan  saya suguhkan beberapa kota tertua di Indonesia yang juga memiliki nilai sejarah yang kuat, diantaranya adalah sebagai berikut :


Palembang Merupakan Kota Tertua

1.  Palembang

Palembang ialah salah satu kota terbesar kedua di Pulau Sumatera setelah yang menduduki posisi pertamanya adalah Kota Medan. Kota pempek ini didirikan pada 16 Juni 682 Masehi, seperti yang tertulis di sebuah prasasti Kedukan Bukit. Keberadaan prasasti tersebut juga mengukuhkan posisi Palembang sebagai kota tertua di Indonesia.Kota Palembang ini memiliki luas wilayah sekitar 358,55 kilometer persegi. Dan Lebih dari 1,7 juta orang tinggal di kota yang berjuluk Bumi Sriwijaya ini. Adapun Ikon utama dari kota sriwijaya ini yaitu Jembatan Ampera yang khas. Kota Palembang juga dijuluki Venice of the East atau ‘Venesia dari Timur’ oleh negara-negara barat. Kota ini juga menjadi pusat Kerajaan Sriwijaya yang merupakan kekuatan maritime terbesar se-Asia Tenggara.

2.  Magelang

Magelang merupakan Kota tertua kedua di Indonesia. Kota Kecil ini memang sangat menawan dan terletak di pulau Jawa, Provinsi Jawa Tengah. Magaleng resmi didirikan sebagai kota pada 11 April 907 Masehi. Pada abad ke-18 Inggris pernah memerintah kota Magelang dan dijadikan pusat pemerintahan. Bupati pertama yang mempelopori pengembangan kota Magelang adalah Mas Ngabehi Danurukmo. Walaupun kota ini kecil, akan tetapi kota magelang memiliki sejarah yang sangat kuat dan bernilai tinggi. Kota Magelang terkenal karena menjadi lokasi salah satu keajaiban dunia, yaitu Candi Borrobudur.

3.  Surabaya

Kota Surabaya yang merupakan ibu kota Provinsi Jawa Timur yang terletak di tepi pantai utara Jawa. Letak Kota ini berhadapan langsung dengan Selat Madura dan Laut Jawa. Kota Surabaya memiliki luas mencapai 333,063 kilometer persegi dan jumlah penduduknya berjumlah 2,9 juta jiwa. Ulang tahun kota Surabaya sempat mengalami perubahan, dahulu hari jadi kota Pahlawan ini diperingato setiap tanggal 1 April. Tanggal 1 April 1906 dipilih karena bertepatan dengan terbentuknya Pemerintahan Kota Surabaya. Namun, pada tahun 1975 tanggal peringatan Hari Ulang Tahun Kota Surabaya dirubah menjadi 31 Mei 1923. Sejak saat itulah Ulang Tahun Kota Surabaya ini diperingati setiap tanggal 31 Mei. Seperti yang telah kita tahu, kota Surabaya ini dikenal dengan Kota Pahlawan. Ya, sebutan ini tak lepas dari perjuangan Arek-Arek Surobyo dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Kata Suroboyo atau Surabaya sendiri berasal dari cerita mitos yang beredar di masyarakat tentang pertempuran antara suro/sura (ikan) dan boyo/baya (buaya). Berdasarkan pada cerita tersebut dibuatlah sebuah tugu yang menggambarkan kisah itu dan hingga saat ini tugu tersebut menjadi ikon utama kota Surabaya.

4.  Jakarta

Kota Jakarta memasuki posisi ke-4 kota tertua di Indonesia. Jakarta yang merupakan Ibu Kota dari negara Indonesia yang dibagi menjadi lima bagian wilayah, yaitu Jakarta Utara, Jakarta Selatan, Jakarta Timur, Jakarta Barat, dan Jakarta Pusat. Jakarta juga termasuk ke dalam kota metropolitan terbedar di dunia pada urutan ke-6. Dahulu sebelum menjadi DKI Jakarta, pusat pemerintahan negara Indonesia ini dikenal dengan nama Sunda Kelapa, Batavia, dan Jakarta Tokubetsu Shi. Jakarta berdiri dan terbentuk sejak tahun 1942 dengan luas wilayah mencapai 661,52 kilometer persegi. Kota ini juga termasuk ke dalam daftar salah satu kota terpadat di dunia, dengan jumlah penduduknya yang sampai saat ini telah mencapai lebih dari 9,6 juta jiwa.

5.  Semarang

Yang menduduki posisi ke-5 dari kota tertua di Indonesia adalah kota semarang .Mungkin sebagian besar dari Anda tidak menyangka bahwa Semarang termasuk ke dalam kota tertua di Indonesia. Kota ini berdiri sejak 2 Juni 1547 Masehi. Banyak sejarah yang lahir dari kota paling berkembang di pulau Jawa ini. Salah satu sejarah yang paling dikenal oleh seluruh masyarakat Indonesaia adalah kota ini pernah menjadi tempat persinggahan Laksamana Cheng Ho seorang penjajah dari Cina yang sangat legendaris.

6.  Medan
Kota medan merupakan kota terbesar dipulau Sumatra. Kota ini menduduki urutan ke-6 sebagai kota tertua di Indonesia. ibu kota dari provinsi Sumatera Utara ini kini telah berusia 425 tahun. Medan didirikan pada 1 Juli 1590 oleh Guru Patimpus Sembiring Pelawi. Kota metropolitan terbesar di Pulau Sumatera ini bagaikan pintu gerbang menuju objek wisata Brastagi. Salah satu tempat wisata yang paling menyita perhatian public adalah Danau Toba dan tempat penangkaran orangutan di Bukit Lawang.


Kabupaten Tertua di Jawa Tengah

7.  Salatiga

Selanjutanya yang menduduki urutan ke-7 kota tertua di Indonesia adalah Salatiga. Salatiga merupakan kota kecil yang terletak di Provinsi Jawa Tengah yang berdiri sejak tahun 750 Masehi. Walaupun kota salatiga ini kecil, namun kota ini menyimpan sejarah yang panjang dan kuat karena pernah megalami sebuah peperangan hebat di masa kerajaan. Lahirhnya kota Salatiga ini tertuang dalam sebuah tulisan yang tertera jelas di atas sebuah batu andesit, yang dikenal sebagai Prasasti Plumpungan. Prasasti tersebut berada di Desa Kauman Kidul, Sidorejo.

8.  Kediri

Oke urutan ke-8 diduduki oleh Kota Kediri. Kediri adalah salah satu kota tertua di Indonesia yang berdiri sejak tahun 879 Masehi. Kota ini terletak di Porvinsi Jawa Timur dengan luas wilayah mencapai 63,40 kilometer persegi. Kota Kediri ini memiliki sejarah yang kiat dimana Sejarah kerajaan Kediri dan Singasari memang sangat kental dengan kota ini. Berbagai peninggalan kerajaan-kerjaan pun terdapat di Kota Kediri. Selain itu, kota Kediri ini memiliki sebuah bangunan yang mirip dengan Monumen Arc de Triomphe yang ada di paris, monument tersebut memang dibuat mirip dan dijadikan sebagai ikon kota Kediri. Dan yang tidak kalah membanggakannya Kota Kediri  ini juga dikenal sebagai pusat perdagangan gula dan rokok terbesar di Indonesia.

9.  Makasar

Kota Makassar menduduki urutan ke-9 dalam kota tertua di Indonesia. Kota makasar ini didirikan sejak tahun 1607 dan tahun ini berusia 408 tahun. Kota yang dikenal sebagai Ujung Pandang ini merupakan ibu kota provinsi Sulawesi Selatan. Kota ini juga terkenal dengan tempat wisatanya yang Indah, salah satunya Pantai Losari. Kota Makassar sangat identik dengan sebuah kerajaan, yaitu Kerajaan Gowa dan Talo. Sekitar pertengahan abad ke-16, Makassar menjadi pusat perdagangan di Indonesia bagian timur.

10.  Bandung

Yeay, kota bandung menduduki posisi ke-10 yang menjadi kota tertua di Indonesia. Kota yang dikenal dengan kota kembang ini sudah berusia 205 ini memang dikenal sebagai kota yang melahirkan banyak musisi Indonesia. Kota ini didirikan dan dibentuk sejak 25 September 1810, melalui surat keputusan Gubernur Jenderal Herman Willem Daendels. Berbagai kisah dan sejarah tentang mempertahankan kemerdekaan Indonesia lahir di Kota Kembang ini, diantaranya peristiwa Bandung Lautan Api dan Konferensi Asia-Afrika.

11. Malang

Oke, kota malang merupakan kota tertua urutan terakhir di Indonesia. Mengapa demikian? Karena kota Malang yang telah berusia di atas seribu tahun, Usia kota Malang diperkirakan berusia 1255 tahun yang diperoleh melalui peninggalan prasasti Dinoyo diperkirakan sudah ada sejak 1 Margasira 682 saka. kota yang ada di Jawa Timur ini dahulunya menjadi pusat kerajaan Singosari dan menjadi salah satu kerajaan besar di Jawa, sebelum kerajaan Majapahit berkuasa.

Demikianlah artikel mengenai Kota Tertua di Indonesia. Semoga bermanfaat bagi anda yang membacanya dan menjadi wawasan lebih bagi anda tentang kota-kota tertua yang memiliki nilai sejarah yang kental di Indonesia .
Tentang:

Share:


Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar