Apa Itu Lapisan Astenosfer? Definisi dan Penjelasan

Pengertian Astenosfer ~ Astenosfer adalah lapisan Bumi yang terletak pada kedalaman 100-250 km di bawah permukaan bumi. Lapisan astenosfer pertama kali ditemukan pada tahun 1914 oleh ahli geologi Inggris J. Barrell, yang membagi keseluruhan struktur bumi menjadi tiga bagian utama: litosfer, atau lapisan terluar; astenosfer; dan inti bumi.

Astenosfer, Pengertian Astenosfer, Definisi Astenosfer, Apa itu Astenosfer, Apa yang dimaksud dengan Astenosfer, Penjelasan Astenosfer, Letak Astenosfer, Posisi Astenosfer, Manfaat Astenosfer,
Apa Itu Lapisan Astenosfer? Definisi & Penjelasan
Astenosfer berasal dari bahasa Yunani yaitu 'astheno' yang berarti lemah, lembek; dan 'sphere' yang berarti lapisan. Jadi secara bahasa, astenosfer adalah lapisan bumi yang bertekstur lembek.

Astenosfer tersusun dari material yang digambarkan seperti plastik, hampir berbentuk cair. Hal tersebut berbeda jauh dengan lapisan di atasnya, litosfer, yang bertekstur keras dan kuat. Ciri atau sifat tersebut disebabkan karena interaksi suhu dan tekanan pada material astenosfer.

Batu apapun akan mencair jika suhunya naik sampai menyentuh suhu tertinggi. Namun, titik lebur batuan apapun juga disebabkan oleh tekanan yang diberikan pada batu. Secara umum, jika tekanan pada material meningkat, titik leburnya juga meningkat.

"Astenosfer adalah lapisan bumi yang terdapat di bawah litosfer dan diyakini jauh lebih panas dan lebih cair daripada litosfer. Astenosfer memanjang dari sekitar 100-700 km di bawah permukaan bumi."

Suhu dari material pembentuk astenosfer cenderung berada di bawah titik leburnya. Hal tersebut membuat material tersebut seperti halnya plastik yang meleleh. Ketika suhu material tersebut meningkat atau ketika tekanan yang diberikan pada material tersebut meningkat, material bentuk astenosfer cenderung akan mengalami perubahan bentuk dan aliran.

Keseimbangan tekanan titik lebur di astenosfer tercermin dalam perkiraan yang dibuat oleh beberapa ahli geologi bahwa sampai 10% material pembentuk astenosfer merupakan material berbentuk cair. Sisanya sangat dekat dengan suhu titik leleh sehingga perubahan tekanan atau suhu yang relatif rendah dapat menyebabkan pelelehan lebih lanjut.

Selain tekanan, faktor lain yang dapat menyebabkan leburnya atau cairan material penyusu astenosfer adalah suhu. Astenosfer berada di bawah litosfer yang memberikan tekanan, dan berada di atas mesosfer yang memberikannya panas. Sehingga, astenosfer dipanaskan dengan material panas yang membentuk lapisan mesosfer di bawahnya.

Suhu mesosfer beragam di beberapa wilayah, ada yang lebih hangat, dan ada yang lebih panas di daerah yang berbeda. Untuk itu, di wialayah yang mana susu mesosfernya lebih tinggi/panas, akan terjadi pelelahan yang lebih luas.

Demikianlah penjelasan mengenai Lapisan Astenosfer, semoga apa pengertian atau definisi yang dijelaskan di atas dapat menambah pengetahuan dan pemahaman kita dalam mempelajari geografi. Apabila ada pertanyaan, silahkan tulis pertanyaan tersebut di kolom komentar di bawah ya. Terima kasih...
Tentang:

Share:


Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar