BEDAH KISI-KISI USBN 2019 SD/MI MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA TAHUN PELAJARAN 2018/2019
Berikut disajikan bedah kisi-kisi ujian sekolah berstandar nasional (USBN) yang dikembangkan dari Kisi-Kisi Ujian Sekolah Berstandar Nasional Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah Tahun Pelajaran 2018/2019 Mata Pelajaran Bahasa Indonesia berdasarkan surat Keputusan Badan Standar Nasional Pendidikan Nomor: 0297/SKEP/BSNP/XI/2018 Tentang Kisi-Kisi Ujian Sekolah Berstandar Nasional Tahun Pelajaran 2018/2019 tanggal 26 November 2018
BEDAH KISI-KISI USBN 2019 SD/MI MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA TAHUN PELAJARAN 2018/2019
Indikator Materi | Indikator Soal | No | |
MEMBACA NONSASTRA | |||
1.menentukan makna kata/istilah pada teks | Disajikan paragraf, siswa mampu meentukan makna kata/istilah dalam paragraf dengan tepat | | |
2.Menentukan antonim/sinonim | Disajikan paragraf, siswa mampu meentukan makna sinonim/antonim dalam paragraf dengan tepat | | |
Disajikan kalimat yang salah satu kalimatnya dicetak miring, siswa mampu menentukan sinonim/antonim kata yang dicetak miring dengan tepat | | ||
3.menggali informasi tersurat teks | Disajikan paragraf, siswa mampu mengidentifikasi kalimat jawaban dari kalimat tanya (dengan kata tanya apa, siapa, di mana, kapan, mengapa, atau bagaimana) yang sesuai dengan isi paragraf dengan tepat. | | |
Disajikan paragraf, siswa mampu mengidentifikasi kalimat tanya (dengan kata tanya apa, siapa, di mana, kapan, mengapa, atau bagaimana) yang sesuai dengan isi paragraf dengan tepat. | | ||
Disajikan teks laporan, siswa mampu menentukan pernyataan yang merupakan isi laporan dengan tepat | | ||
4.menentukan unsur teks (kalimat utama/penjelas) | Disajikan paragraf, siswa mampu menentukan kalimat utama paragraf dengan tepat | | |
5.menentukan ide pokok teks | 5. Disajikan paragraf, siswa mampu menemukan ide pokok paragraf dengan tepat. | | |
6.menggali informasi tersirat teks | 6. Disajikan paragraf, siswa mampu menyimpulkan isi paragraf dengan tepat. | | |
7.Menentukan pernyataan sesuai isi teks | Disajikan paragraf, siswa mampu menentukan pernyataan yang sesuai dengan isi paragraf | | |
8.Mengidentifikasi jenis teks | Disajikan sebuah teks (deskripsi/narasi), siswa mampu menentukan jenis teks dengan tepat | | |
9.memprediksi kejadian berdasarkan isi teks | Disajikan sebuah teks yang berisi sebuah kondisi/peristiwa, siswa mampu menentukan kejadian berdasarkan isi teks | | |
10. membandingkan isi teks | Disajikan dua teks, siswa mampu menentukan persamaan/perbedaan isi dua teks dengan tepat | | |
11. melengkapi tabel dengan pokok-pokok pikiran berdasarkan isi teks | Disajikan penggalan teks berisi data-data/informasi dan tabel yang dirumpangkan, siswa mampu melengkapi tabel sesuai dengan data/informasi pada teks dengan tepat. | | |
MEMBACA SASTRA | |||
12. Menentukan informasi tersurat pada karya sastra | Disajikan teks drama, siswa mampu menentukan pernyataan yang sesuai dengan isi teks drama dengan tepat. | | |
Disajikan teks cerita, siswa mampu menentukan pernyataan yang sesuai dengan isi teks cerita dengan tepat | | ||
Disajikan bait pantun, siswa mampu menentukan maksud/isi pantun dengan tepat | | ||
13. menentukan unsur intrinsik karya sastra (tokoh, latar, watak tokoh) | Disajikan kutipan cerita , siswa mampu menentukan tokoh utama pada kutipan dengan tepat | | |
Disajikan kutipan cerita , siswa mampu menentukan watak tokoh pada kutipan dengan tepat | | ||
Disajikan kutipan cerita , siswa mampu menentukan latar pada kutipan dengan tepat | | ||
14. menentukan makna kata/simbol/kias | Disajikan teks syair , siswa mampu menentukan makna kata pada syair dengan tepat | | |
Disajikan kutipan cerpen, siswa mampu menentukan makna kata simbol/kias pada kutipan dengan tepat | | ||
15. menggali informasi tersirat dalam karya sastra (menyimpulkan/ memaknai bagian teks ) | Disajikan kutipan drama/dialog, siswa mampu menentukan topik/tema dalam kutipan dengan dengan tepat. | | |
Disajikan teks cerita, siswa mampu menentukan simpulan cerita dengan tepat | | ||
Disajikan kutipan teks yang salah satu kalimatnya dicetak miring, siswa mampu menentukan makna bagian teks/kalimat dengan tepat |
16. menentukan unsur intrinsik karya sastra (konflik, amanat, tema)
Disajikan kutipan teks sastra, siswa mampu menentukan konflik dalam kutipan teks dengan tepat.
Disajikan kutipan teks pantun, siswa mampu menentukan amanat dengan tepat.
Disajikan kutipan teks cerita, siswa mampu menentukan amanat dengan tepat.
Disajikan kutipan teks sastra, siswa mampu menentukan tema dengan tepat.
17. Memprediksi kejadian berdasarkan isi cerita
Disajikan dua kutipan teks sastra sejenis (fabel), siswa mampu membandingkan perbedaan isi (nilai) dua kutipan dengan tepat.
18. menentukan nilai-nilai cerita
Disajikan kutipan cerita, siswa mampu menentukan nilai (moral) dalam kutipan teks dengan tepat
19. menentukan
keteladanan tokoh cerita
Disajikan teks cerita/biografi, siswa mampu menentukan hal-hal yang dapat diteladani dari tokoh pada kutipan teks dengan tepat
MENULIS TERBATAS
20. Melengkapi kalimat/teks dengan istilah/kata/ungkapan/peribahasa
Disajikan kalimat/teks yang dirumpangkan, siswa mampu melengkapi dengan istilah/kata dengan tepat
Disajikan kalimat/teks yang dirumpangkan, siswa mampu melengkapi dengan ungkapan dengan tepat
Disajikan kalimat/teks yang dirumpangkan, siswa mampu melengkapi dengan peribahasa dengan tepat
21. menyusun berbagai petunjuk (menggunakan/membuat sesuatu)
Disajikan lima kalimat eksposisi secara acak, siswa mampu mengurutkan kalimat sehingga tersusun paragraf deskripsi dengan tepat.
Disajikan lima kalimat prosedur secara acak, siswa mampu mengurutkan kalimat sehingga tersusun teks prosedur dengan tepat.
22. menyusun berbagai teks (deskripsi, narasi)
Disajikan gambar, siswa mampu menyusun kalimat deskripsi dengan tepat.
Disajikan ilustrasi, siswa mampu menyusun teks narasi sesuai ilustrasi dengan tepat
23. melengkapi berbagai jenis teks (laporan, iklan, pidato)
Disajikan teks laporan yang dirumpangkan, siswa mampu melengkapi teks tersebut dengan kalimat yang tepat
Disajikan teks iklan yang dirumpangkan, siswa mampu melengkapi dengan kata/kalimat dengan tepat
Disajikan teks pidato yang dirumpangkan, siswa mampu melengkapi dengan kalimat dengan tepat
24. melengkapi kalimat/teks dengan kata bentukan
Disajikan penggalan teks yang dirumpangkan, siswa mampu melengkapi bagian yang rumpang dengan kata bentukan (kata berimbuhan) dengan tepat.
MENYUNTING KATA/ISTILAH, FRASE, KALIMAT, PARAGRAF, EJAAN, DAN TANDA BACA
25. Memperbaiki penulisan/penggunaan istilah/kata
Disajikan kalimat/teks yang salah satu penulisan kata tidak tepat, siswa mampu memperbaiki penulisan kata/istilah dengan tepat.
26. memperbaiki tata kalimat dalam paragraf
Disajikan sebuah paragraf dengan salah satu kalimatnya dicetak miring dan tata kalimatnya tidak tepat , siswa mampu memperbaiki tata kalimat tersebut dengan tepat
27. Menunjukkan kesalahan penggunaan ejaan
Disajikan kalimat/paragraf yang salah satu kata tidak tepat, siswa mampu menunjukkan penulisan kata (huruf Kapital) yang tidak tepat.
28. Menunjukkan kesalahan penggunaan tanda baca
Disajikan kalimat/paragraf yang salah penggunaan tanda baca, siswa mampu menunjukkan penggunaan tanda baca (titik, titik dua, koma) yang salah dengan tepat
29. menggunakan ejaan
Diajikan kalimat yang dirumpangkan, siswa mampu mengisi bagian rumpang dengan kata yang penulisannya tepat.
30. menggunaan tanda baca
Disajikan teks surat pribadi yang kalimatnya diberi nomor, siswa mampu menentukan tanda baca yang tepat pada kalimat tersebut.
31. Memperbaiki kesalahan penggunaan ejaan
Disajikan kalimat yang salah satu katanya ditulis dengan salah, siswa mampu memperbaiki sesuai ejaan bahasa Indonesia yang tepat.
32. Memperbaiki penggunaan kesalahan penggunaan tanda baca
Disajikan kalimat/ paragraf yang terdapat kesalahan penggunaan tanda baca, siswa mampu menentukan perbaikan penggunaan tanda baca dengan tepat.
Share:
Artikel Terkait
- Materi Soal Ulangan Bahasa Indonesia Plus Kunci Jawaban Tingkat SMP
- Contoh Surat Pengunduran Diri Untuk Perusahaan
- Arti dari Sinonim dan Antonim Disertai Contohnya
- Soal Tes Uji Coba 1 (Try Out) IPA Kelas 6 SD/MI & Kunci Jawaban
- Soal Tes Uji Coba 1 (TUC) IPA Kelas 6 SD/MI Terbaru dan Kunci Jawaban
- Bahan Soal Ujian Sekolah (US) IPS Kelas 6 SD/MI Terbaru Lengkap Kunci Jawaban
Tidak ada komentar:
Posting Komentar