BEDAH KISI UN 2019 MAPEL SASTRA INDONESIA SMA/MA PROGRAM BAHASA: PENGEMBANGAN INDIKATOR SOAL UN 2019, CONTOH SOAL, DAN KUNCI JAWABAN
Berikut disajikan bedah kisi-kisi ujian nasional (UN) tahun 2019 SMA/MA mata pelajaran Sastra Indonesia yang dikembangkan dari KISI-KISI UN 2019 SMA/MA berdasarkan Keputusan Badan Standar Nasional Pendidikan nomor: 0296/SKEP/BSNP/XI/2018 Tentang Kisi-Kisi Soal Ujian Nasional untuk Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah.
BEDAH KISI UN 2019 MAPEL SASTRA INDONESIA SMA/MA PROGRAM BAHASA
INDIKATOR MATERI | INDIKATOR SOAL | NOMOR SOAL |
MEMBACA SASTRA | ||
mengidentifikasi kata yang bermakna simbolik/majas/kias dalam karya sastra | Disajikan kutipan puisi atau puisi pendek yang menggunakan kata berlambang peserta didik dapat menentukan makna kata berlambang dalam puisi tersebut | 1 |
Disajikan kutipan puisi atau puisi pendek yang menggunakan kata berlambang, peserta didik dapat menentukan majas pada larik tertentu | 2 | |
mengidentifikasi unsur teks sastra | Disajikan kutipan novel/cerpen yang berisi penggambaran watak tokoh, peserta didik dapat menentukan watak tokoh | 3 |
Disajikan kutipan novel/cerpen yang berisi penggambaran watak tokoh, peserta didik dapat menentukan pendeskripsian watak tokoh | 4 | |
Disajikan kutipan novel/cerpen yang berisi latar, peserta didik dapat menentukan latar cerita | 5 | |
Disajikan kutipan teks naratif (cerpen/novel), peserta didik dapat menentukan tahapan alur yang sesuai dengan kutipan teks tersebut. | 6 | |
memaknai isi tersurat dalam karya sastra | Disajikan kutipan puisi atau puisi pendek, peserta didik dapat menentukan isi puisi tersebut | 7 |
Disajikan kutipan cerpen/novel, peserta didik dapat menentukan peristiwa yang terdapat pada kutipan tersebut | 8 | |
menyimpulkan isi tersirat dalam karya sastra | Disajikan kutipan puisi atau puisi pendek yang menggunakan, peserta didik dapat menentukan amanat puisi tersebut | 9 |
menginterpretasi hubungan isi sebab/akibat konflik dalam karya sastra | Disajikan kutipan naskah drama yang dialognya menggambarkan konflik antartokoh, peserta didik dapat menentukan konflik yang terdapat dalam kutipan tersebut | 10 |
Disajikan kutipan teks naratif (cerpen/novel), peserta didik dapat menentukan konflik dalam teks tersebut | 11 | |
Disajikan kutipan teks naratif (cerpen/novel), peserta didik dapat menentukan peristiwa penyebab konflik tersebut | 12 | |
menginterpretasi nilai | Disajikan kutipan cerpen yang menggambarkan nilai-nilai tertentu, peserta didik dapat menentukan nilai (moral/sosial/budaya) yang terdapat dalam kutipan tersebut. | 13 |
membandingkan, pola penyajian, karya sastra (unsur intrinsik karya sastra) | Disajikan kutipan naskah sastra lama (hikayat/dongeng) dan kutipan novel yang di dalamnya terdapat penggambaran watak tokoh yang berbeda, peserta didik dapat menentukan perbedaan kedua watak tokoh tersebut. | 14 |
Disajikan kutipan sinopsis (teks 1) dan resensi novel (teks 2), peserta didik dapat menentukan perbedaan/persamaan karakteristik dari kedua kutipan tersebut. | 15 | |
menganalisis bukti latar, perwatakan | Disajikan kutipan novel/cerpen yang berisi latar, peserta didik dapat menentukan pembuktian latar dalam novel/cerpen tersebut | 16 |
Disajikan kutipan novel yang kalimatnya bernomor dan menggambarkan watak tokoh (sabar/pemarah/masa bodoh dll), peserta didik dapat menentukan kalimat pembuktian watak tokoh dalam kutipan tersebut. | 17 | |
mengaitkan isi dengan kehidupan saat ini | Disajikan kutipan cerpen yang menggambarkan nilai-nilai tertentu, peserta didik dapat menentukan - hubungan nilai (moral/sosial/budaya) yang terdapat dalam kutipan tersebut dengan kehidupan sehari-hari. | 18 |
menilai keunggulan/kelemahan karya sastra | Disajikan kutipan resensi tentang drama, peserta didik dapat menentukan kalimat ulasan yang menggambarkan kelemahan/keunggulan drama tersebut. | 19 |
Disajikan kutipan novel, peserta didik dapat menentukan kalimat resensi yang menyatakan keunggulan kutipan novel tersebut. | 20 | |
membandingkan gaya dan bahasa karya sastra | Disajikan kutipan hikayat dan kutipan cerpen, peserta didik dapat menentukan perbedaan penggunaan bahasa kedua kutipan tersebut. | 21 |
meringkas isi karya sastra | Disajikan kutipan cerpen/novel, peserta didik dapat menentukan kalimat berupa ringkasan kutipan tersebut dengan tepat. | 22 |
menanggapi/mengomentari isi karya sastra | Disajikan kutipan drama, peserta didik dapat menentukan kalimat tanggapan yang sesuai dengan pembabakan teks dari kutipan teks drama dua babak singkat | 23 |
Disajikan kutipan drama, peserta didik dapat menentukan kalimat yang menyatakan penilaian perilaku berbahasa tokoh pada kutipan teks drama | 24 | |
MENULIS SASTRA | ||
melengkapi majas/makna simbolik | Disajikan sebuah puisi pendek yang dirumpangkan salah satu lariknya, peserta didik dapat melengkapi puisi tersebut dengan larik bermajas yang tepat. | 25 |
melengkapi unsur karya sastra puisi | Disajikan sebait pantun yang dirumpangkan satu larik bagian isinya, peserta didik dapat melengkapi isi pantun dengan larik yang tepat. | 26 |
melengkapi karya sastra prosa fiksi | Disajikan kutipan cerpen yang dirumpangkan, peserta didk dapat menentukan kalimat sudut pandang orang ketiga yang tepat untuk melengkapi kutipan cerpen | 27 |
Disajikan kutipan cerpen yang dirumpangkan, peserta didk dapat menentukan latar yang tepat untuk melengkapi kutipan cerpen | 28 | |
melengkapi karya sastra drama | Disajikan kutipan teks drama yang dirumpangkan, peserta didik dapat menentukan petunjuk gerak yang tepat untuk melengkapi teks drama | 29 |
Disajikan kutipan teks drama yang dirumpangkan, peserta didik dapat Menentukan kalimat dialog yang tepat untuk melengkapi teks drama | 30 | |
mengurutkan unsur teks sastra | Disajikan rangkaian peristiwa yang diacak urutan kalimatnya, peserta didik dapat menentukan urutan peristiwa tersebut dengan tepat. | 31 |
Disajikan topik dan kata kunci suatu peritiwa, peserta didik dapat menentukan pengembangan cerpen berdasarkan topik dan kata kunci suatu peristiwa | 32 | |
Disajikan tema suatu cerita, peserta didik dapat menentukan pengembangan cerita pendek dengan sudut pandang orang ketiga yang sesuai dengan tema | 33 | |
memvariasikan unsur karya sastra berbentuk puisi | Disajikan ilustrasi makna gurindam, peserta didik dapat menentukan gurindam yang sesuai dengan ilustrasi tersebut. | 34 |
Disajikan tema sebuah puisi, peserta didk dapat menentukan puisi yang sesuai dengan tema puisi tentang kegigihan seseorang dalam kehidupan | 35 | |
Disajikan 4-6 kata (alam/warna/sifat/benda), peserta didik dapat menentukan puisi yang sesuai dengan kata tersebut. | 36 | |
memvariasikan karya sastra yang berbentuk prosa fiksi | Disajikan kutipan novel/cerpen, peserta didik dapat menentukan ungkapan yang sesuai dengan kutipan tersebut. | 37 |
Disajikan kutipan teks hikayat, peserta didik dapat menentukan dengan tepat ubahan hikayat ke dalam bentuk cerpen. | 38 | |
memvariasikan karya sastra yang berbentuk drama | Disajikan kutipan drama, peserta didik dapat menentukan ubahan drama tersebut ke dalam bentuk cerpen. | 39 |
menyusun kritik dan esai dari teks sastra yang disajikan | Disajikan kutipan (cerpen/novel/), peserta didik dapat menentukan kalimat esai (tanggapan) yang sesuai dengan kutipan tersebut. | 40 |
Disajikan puisi pendek secara utuh, peserta didik dapat menentukan kalimat kritik yang sesuai dengan puisi tersebut. | 41 | |
ASPEK KESASTRAAAN | ||
mengidentifikasi bentuk karya sastra | Disajikan kutipan puisi pendek, peserta didik dapat menentukan pembuktian periodisasi dalam puisi tersebut | 42 |
Disajikan kutipan naskah sastra lama (hikayat, dongeng) yang berisi karakteristik sastra lama tersebut, , peserta didik dapat menentukan: karakteristik sastra lama | 43 | |
Disajikan kutipan puisi yang menunjukkan ciri jenis puisi tertentu (pantun/syair/gurindam), peserta didik dapat menentukan perbedaan/persamaan jenis puisi tersebut. | 44 | |
mengidentifikasi aspek kesastraan pada puisi, prosa fiksi, dan drama | Disajikan puisi yang terdiri dari satu/dua bait yang rima akhirnya (silang, berpeluk, rata, sejajar), peserta didik dapat menentukan jenis rima tersebut. | 45 |
Disajikan kutipan puisi pendek, peserta didik dapat menentukan citraan pada larik tertentu | 46 | |
Disajikan kutipan naskah drama, peserta didik dapat menentukan pembabakan alur pada kutipan drama tersebut. | 47 | |
menafsirkan aspek kesastraan pada puisi | Disajikan kutipan puisi yang menggambarkan budaya, peserta didik dapat menentukan standar budaya yang dianut masyarakat pada kutipan puisi | 48 |
menafsirkan aspek kesastraan pada prosa fiksi | Disajikan kutipan naskah sastra lama (hikayat, dongeng) yang berisi karakteristik sastra lama tersebut, peserta didik dapat menentukan watak tokoh dalam kutipan sastra lama tersebut | 49 |
Disajikan kutipan naskah sastra lama (hikayat/dongeng), peserta didik dapat menentukan nilai (moral/sosial/agama/budaya) pada kutipan tersebut yang masih dijumpai pada kehidupan sekarang. | 50 | |
menafsirkan aspek kesastraan pada drama | Disajikan kutipan naskah drama yang dialognya menggambarkan watak tokoh, peserta didik dapat menentukan sifat/watak tokoh drama tersebut | 51 |
Disajikan kutipan naskah drama yang dialognya menggambarkan watak tokoh dan konflik antartokoh, peserta didik dapat menentukan amanat yang tersirat dalam kutipan tersebut | 52 | |
mengkritik aspek kesastraan pada puisi | Disajikan kutipan puisi baru, peserta didik dapat menentukan kalimat kritik berdasarkan aspek (bentuk/rima/irama) pada puisi tersebut. | 53 |
mengkritik aspek kesastraan pada prosa fiksi | Disajikan kutipan cerpen/novel peserta didik dapat menentukan kalimat kritik berdasarkan kutipan cerpen tersebut. | 54 |
mengkritik aspek kesastraan pada drama | Disajikan kutipan drama, peserta didik dapat menentukan kalimat kritik berdasarkan kutipan drama tersebut. | 55 |
Catatan: Jumlah butir soal UN Sastra Indonesia 40 butir soal. Indikator soal tersebut disusun berdasarkan variasi soal pada UN tahun 2017 dan 2018
Tidak ada komentar:
Posting Komentar