Arti dan Cara Membaca Garis Bar ( Garis Birama )

Pada saat ini saya akan membahas garis bar atau garis birama ( bar line ). Fungsi dari garis bar ini untuk membentuk bar –bar , untuk  pengulangan dan penutup.
Lebih jelasnya lihat gambar di bawah ini.


  
Keterangan :

Dibawah angka 1 ada garis bar tunggal fungsinya untuk membagi garis paranada menjadi ruas-ruas atau bar-bar. 

Dibawah angka 2 ada garis bar ganda (double lines) umumnya digunakan untuk hal yang penting dalam aransemen musik, misalnya perubahan nada dasar.

Di bawah angka 3 ada garis bar ganda tapi yang satu lebih tebal fungsinya untuk mengakhiri sebuah musik atau lagu.

Di bawah angka 4 ada garis bar ganda dan titik 2 ( : ) di depannya  berfungsi  untuk  awal pengulangan. Dalam hal ini bisa pengulangan verse, chorus atau yang lainnya.

Di bawah angka 5 ada garis bar ganda dengan titik 2 ( : ) di belakangnya berfungsi untuk akhir pengulangan. Dalam hal ini untuk mengakhiri  pengulangan dari garis bar awal pengulangan.

Di bawah angka 6 ada garis bar ganda dengan 2 titik di depan dan belakang fungsinya untuk mengakhiri garis bar ganda awal pengulangan dan memulai atau mengawali pengulangan pada bagian berikutnya.

Secara umum ada 6 macam garis bar, namun ada juga garis bar  yang jarang dipakai yaitu garis bar tunggal yang berupa garis putus-putus dan garis bar tunggal dengan titik-titik.

Supaya lebih jelas saya sertakan video garis bar pengulangan dan garis bar penutup.

Tentang:

Share:


Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar