40+ Contoh Soal UAS PKn Kelas 8 SMP/MTs Semester Ganjil Terbaru - Halo adik adik, kali ini kakak ingin membagikan kepada adik adik mengenaik soal Ulangan Akhir Semester Ganjil yang telah kakak susun sebanyak 40 soal yang mana soal ini diambil dari mata pelajaran Pendidikan Kwarganegaraan. Oiya kakak tidak menyediakan kunci jawabannya sehingga adik adik bisa menemukan jawabannya di buku kurrikulum 2013. Tetap semangat yaa.
Soal UAS PKn Kelas 8 SMP/MTs
40+ Contoh Soal UAS PKn Kelas 8 SMP/MTs Semester Ganjil Terbaru - Bagi Adik adik dimana saja berada yang ingin sekali mempelajari Soal UAS PKn Kelas 8 SMP/MTs ini, adik adik bisa menguduh materi ini di bospedia dalam bentuk file doc. Berikut ini adalah rincian Soal UAS PKn Kelas 8 SMP/MTs Semester 1.. SELAMAT MENGUNDUH YAA...
Berikut bospedia memberikan Soal UAS PKn Kelas 8 SMP/MTs
PETUNJUK UMUM
1. Tulis namamu di sudut kanan atas
2. Bacalah setiap soal dengan teliti.
3. Kerjakan dulu soal yang kamu anggap mudah.
4. Periksa kembali pekerjaanmu sebelum diserahkan pada pengawas.
A. Berilah tanda silang (x) didepan huruf a,b atau c didepan jawaban yang benar !
1. Kumpulan gagasan, ide, dan keyakinan yang menyeluruh dan sistematis yang menyangkut berbagai bidang kehidupan manusia disebut ….
A. ideologi
B. Pancasila
C. sosialisme
D. liberalisme
2. Di bawah ini merupakan fungsi dari ideologi, kecuali ….
A. ideologi memberikan pengetahuan
B. ideologi dapat memecah belah kesatuan
C. ideologi membuka wawasan
D. ideologi dapat membentuk identitas
3. Pernyataan di bawah ini merupakan pentingnya ideologi bagi suatu bangsa dan negara adalah ….
Pernyataan yang menunjukkan pentingnya ideologi bagi suatu bangsa dan negara adalah nomor….
A. (1) dan (2)
B. (2) dan (4)
C. (1), (2), dan (3)
D. (1), (2), (3), dan (4)
4. Landasan untuk mengatur penyelenggaraan negara adalah pengertian dari….
A. ideologi negara
B. unsur negara
C. dasar negara
D. komponen negara
5. Tokoh yang menyampaikan istilah Pancasila pada tangga 1 Juni 1945 adalah ….
A. Mohammad Yamin
B. Dr. Radjiman widyodiningrat
C. Soepono
D. Ir. Soekarno
6. Materi pembahasan sidang BPUPKI tanggal 29 Mei s/d 1 Juni 1945 adalah mengenai ….
A. Pembukaan UUD 1945
B. Rumusan dasar Negara
C. Proklamasi
D. Piagam Djakarta
7. Dokuritsu Junbi inkai dilantik pada tanggal ….
A. 17 Agustus 1945
B. 1 Juni 1945
C. 07 Agustus 1945
D. 29 Mei 1945
8. Pancasila sebagai ideologi negara, artinya adalah ….
A. Pancasila merupakan dasar pergaulan antar warga negara
B. Pancasila sebagai rumusan dasar Negara
C. Pancasila sebagai arah, asas, dan pedoman dalam seluruh bidang kehidupan negara
D. Pancasila sebagai landasan negara
9. Pancasila sebagai sumber dari segala sumber hukum yang berlaku di dalam Negara RI merupakan penjelasan Pancasila sebagai ….
A. pandangan hidup
B. ideologi
C. tujuan hidup
D. dasar negara
10. Penerapan nilai-nilai Pancasila di bidang sosial budaya, Pancasila merupakan sumber normatif dalam pengembangan aspek sosial budaya yang mendasarkan pada nilai-nilai ….
A. kemanusiaan, ketuhanan, dan keberadaban
B. kemanusiaan, ketuhanan, dan kehormatan
C. ketuhanan, kekerabatan, dan keberadaban
D. ketuhanan, keberadaban, dan kemandirian
11. Keadilan sosial, kesejahteraan, pemerataan, jaminan sosial dan tidak boros. Hal ini merupakan nilai-nilai Pancasila yang terkandung dalam sila ke ….
A. 1
B. 3
C. 4
D. 5
12. Pancasila sila ke dua membimbing manusia untuk ….
A. bergaul akrab dengan teman
B. mencintai sesama manusia
C. menghargai orang yang lebih tua
D. mengasihi orang yang sopan
13. Sesuatu yang penting atau berguna bagi kemanusiaan yang terkandung dalam Pancasila, merupakan pengertian dari ….
A. nilai Pancasila
B. fungsi Pancasila
C. ideologi negara
D. dasar negara
14. Sikap berikut ini yang menunjukkan upaya mempertahankan Pancasila dalam kehidupan di sekolah, kecuali ….
A. tidak memaksakan kehendak kepada teman
B. mentaati tata tertib sekolah
C. menghormati sesama warga sekolah
D. berkelahi dengan teman
15. Sikap berikut ini yang tidak menunjukkan upaya mempertahankan Pancasila dalam kehidupan di lingkungan keluarga ….
A. mencuri
B. saling tolong menolong
C. saling menyayangi
D. menghormati orang tua
16. Hukum dasar yang memuat aturan-aturan pokok atau aturan-aturan Dasar Negara disebut ….
A. ideologi
B. konstitusi
C. dasar negara
D. Pancasila
17. Fungsi konstitusi bagi suatu negara adalah ….
A. dijadikan sumber dari segala sumber hukum
B. berperan dalam kemajuan bangsa
C. berkedudukan tertinggi dalam suatu bangsa
D. pedoman dalam penyelenggaraan pemerintah negara
18. Masa berlakunya konstitusi RIS adalah ….
A. 18 Agustus 1945 sampai 27 Desember 1949
B. 17 Agustus 1950 sampai 5 Juli 1955
C. 27 Desember 1945 sampai 17 Agustus 1950
D. 5 Juli 1959 sampai sekarang
19. Bentuk negara pada masa konstitusi RIS adalah ….
A. Federasi
B. Republik
C. Kesatuan
D. Presidentil
20. Di bawah ini salah satu penyimpangan pada masa orde lama adalah ….
A. KKN
B. pengangkatan presiden seumur hidup
C. pemilu dilaksanakan secara tidak demokratis
D. terjadi pemusatan kekuasaan di tangan Presiden
21. Berikut ini adalah akibat penyimpangan pada masa orde lama, kecuali ….
A. tidak berjalannya sistem yang telah ditetapkan dalam UUD 1945
B. mengakibatkan memburuknya keadaan politik dan keamanan
C. korupsi, kolusi, dan nepotisme
D. terjadinya kemerosotan di bidang ekonomi
22. Amandemen mempunyai pengertian ….
A. mengubah UUD
B. menata UUD
C. membangun UUD
D. mengoreksi UUD
23. Lembaga Negara yang berwenang mengamandemen UUD 1945 adalah ….
A. DPR
B. MPR
C. KPK
D. DPD
24. Anggota MPR berdasarkan UUD 1945 yang diamandemen adalah ….
A. DPR dan MA
B. DPR dan presiden
C. DPR dan BPK
D. DPR dan DPD
25. Berikut ini adalah latar belakang amandemen UUD 1945, kecuali ….
A. banyaknya pasal yang multitafsir
B. kurang leluasanya para penguasa
C. kurang terjaminnya hak asasi manusia
D. kurangnya landasan hidup demokratis
26. Di bawah ini merupakan partisipasi siswa terhadap pelaksanaan UUD 1945 hasil amandemen di lingkungan sekolah, kecuali ….
A. mengikuti kegiatan OSIS
B. melaksanakan tata tertib sekolah
C. menjaga keamanan lingkungan
D. melaksanakan regu piket kelas
27. Peraturan yang dibuat oleh lembaga pembuat UU berdasarkan konstitusi dan berlaku secara sah di Indonesia merupakan pengertian dari ….
A. perundangan-undangan nasional
B. peraturan pemerintah
C. tata urutan perundang-undangan
D. keputusan Presiden
28. Tujuan ditetapkannya peraturan perundang-undangan adalah untuk ….
A. memenuhi kewajiban
B. menciptakan ketertiban dan keteraturan
C. memperjuangkan hak
D. menghapus monopoli
29. Menurut tata urutan perundang-undangan dalam Undang-Undang Nomor 10 tahun 2004, kedudukan UUD 1945 adalah ….
A. hukum tertinggi di Indonesia
B. sumber dari segala sumber hukum di Indonesia
C. sumber hukum dasar nasional
D. peraturan yang tiada tandingnya
30. Lembaga yang berwenang membuat Undang-Undang bersama presiden adalah …
A. DPD
B. MPR
C. DPR
D. MA
31. Arti penting peraturan perundang-undangan bagi kehidupan warga negara adalah ….
A, meringankan tugas polisi
B. menghapuskan kemiskinan
C. melindungi hak-hak warga negara
D. menjamin hak-hak penguasa
32. Masa jabatan Presiden dalam satu periode menurut UUD 1945 pasal 7 hasil amandemen adalah ….
A. 4 tahun
B. 6 tahun
C. 8 tahun
D. 5 tahun
33. Lembaga yang berwenang membuat Undang-Undang adalah ….
A. MPR
B. DPA
C. DPR
D. BPK
34. Sikap patuh terhadap perundang-undangan nasional di lingkungan sekolah adalah ….
A. mentaati peraturan sekolah
B. mentaati norma-norma yang berlaku di masyarakat
C. memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa
D. penanaman sikap sopan santun di masyarakat
35. Tindak pidana yang dilakukan orang yang secara sengaja melawan hukum, melakukan perbuatan memperkaya diri sendiri atau orang lain yang dapat merugikan kerugian negara disebut ….
A. kolusi
B. nepotisme
C. pemerasan
D. korupsi
36. Lembaga yang mengurusi tindakan KKN adalah ….
A. KPK
B. POLRI
C. JAKSA
D. HAKIM
37. Pernyataan berikut merupakan alasan masyarakat membenci tindakan pelaku korupsi adalah ….
A. tindak pidana korupsi membuat rakyat sengsara, dan koruptor semakin kaya
B. tindak pidana korupsi dapat menimbulkan kesejahteraan rakyat
C. tindak pidana korupsi dapat mengharumkan nama baik negara di mata dunia
D. tindak pidana korupsi dapat mempererat persatuan
38. Pemberantasan Korupsi, Kolusi, Nepotisme (KKN) di Indonesia harus segera dilaksanakan, karena…
A. menimbulkan kemakmuran
B. menghambat dan merusak bangsa
C. menjadikan bangsa yang maju
D. menjadikan budaya bangsa
39. Salah satu instrumen hukum tentang tindak pidana korupsi, yaitu Undang-Undang Nomor 30 Tahun 2002 tentang ….
A. hak asasi manusia
B. pemberantas tindak pidana korupsi
C. narkotika
D. partai politik
40. Pengadilan tindak pidana korupsi dibentuk pada ….
A. Pengadilan HAM
B. Pengadilan Tata Usaha Negara
C. Pengadilan Negeri Jakarta Pusat
D. Pengadilan Agama
Demikianlah informasi yang bisa kami sampaikan, mudah-mudahan dengan adanya 40+ Contoh Soal UAS PKn Kelas 8 SMP/MTs Semester Ganjil Terbaru ini para siswa akan lebih semangat lagi dalam belajar demi meraih prestasi yang lebih baik. Selamat belajar!!
Tentang:
Contoh Soal UAS PKn Kelas 8 SMP/MTs Semester Ganjil Terbaru
Soal UAS PKn Kelas 8 SMP/MTs
40+ Contoh Soal UAS PKn Kelas 8 SMP/MTs Semester Ganjil Terbaru - Bagi Adik adik dimana saja berada yang ingin sekali mempelajari Soal UAS PKn Kelas 8 SMP/MTs ini, adik adik bisa menguduh materi ini di bospedia dalam bentuk file doc. Berikut ini adalah rincian Soal UAS PKn Kelas 8 SMP/MTs Semester 1.. SELAMAT MENGUNDUH YAA...
Berikut bospedia memberikan Soal UAS PKn Kelas 8 SMP/MTs
1. Tulis namamu di sudut kanan atas
2. Bacalah setiap soal dengan teliti.
3. Kerjakan dulu soal yang kamu anggap mudah.
4. Periksa kembali pekerjaanmu sebelum diserahkan pada pengawas.
A. Berilah tanda silang (x) didepan huruf a,b atau c didepan jawaban yang benar !
1. Kumpulan gagasan, ide, dan keyakinan yang menyeluruh dan sistematis yang menyangkut berbagai bidang kehidupan manusia disebut ….
A. ideologi
B. Pancasila
C. sosialisme
D. liberalisme
2. Di bawah ini merupakan fungsi dari ideologi, kecuali ….
A. ideologi memberikan pengetahuan
B. ideologi dapat memecah belah kesatuan
C. ideologi membuka wawasan
D. ideologi dapat membentuk identitas
3. Pernyataan di bawah ini merupakan pentingnya ideologi bagi suatu bangsa dan negara adalah ….
Ideologi suatu bangsa dapat berdiri dengan kokoh
Dengan ideologi, suatu bangsa memiliki pedoman dalam membangun bangsanya
Ideologi dapat memberi arah dan cita-cita bangsa
Suatu bangsa akan mampu memandang persoalan-persoalan yang dihadapinya
Pernyataan yang menunjukkan pentingnya ideologi bagi suatu bangsa dan negara adalah nomor….
A. (1) dan (2)
B. (2) dan (4)
C. (1), (2), dan (3)
D. (1), (2), (3), dan (4)
4. Landasan untuk mengatur penyelenggaraan negara adalah pengertian dari….
A. ideologi negara
B. unsur negara
C. dasar negara
D. komponen negara
5. Tokoh yang menyampaikan istilah Pancasila pada tangga 1 Juni 1945 adalah ….
A. Mohammad Yamin
B. Dr. Radjiman widyodiningrat
C. Soepono
D. Ir. Soekarno
6. Materi pembahasan sidang BPUPKI tanggal 29 Mei s/d 1 Juni 1945 adalah mengenai ….
A. Pembukaan UUD 1945
B. Rumusan dasar Negara
C. Proklamasi
D. Piagam Djakarta
7. Dokuritsu Junbi inkai dilantik pada tanggal ….
A. 17 Agustus 1945
B. 1 Juni 1945
C. 07 Agustus 1945
D. 29 Mei 1945
8. Pancasila sebagai ideologi negara, artinya adalah ….
A. Pancasila merupakan dasar pergaulan antar warga negara
B. Pancasila sebagai rumusan dasar Negara
C. Pancasila sebagai arah, asas, dan pedoman dalam seluruh bidang kehidupan negara
D. Pancasila sebagai landasan negara
9. Pancasila sebagai sumber dari segala sumber hukum yang berlaku di dalam Negara RI merupakan penjelasan Pancasila sebagai ….
A. pandangan hidup
B. ideologi
C. tujuan hidup
D. dasar negara
10. Penerapan nilai-nilai Pancasila di bidang sosial budaya, Pancasila merupakan sumber normatif dalam pengembangan aspek sosial budaya yang mendasarkan pada nilai-nilai ….
A. kemanusiaan, ketuhanan, dan keberadaban
B. kemanusiaan, ketuhanan, dan kehormatan
C. ketuhanan, kekerabatan, dan keberadaban
D. ketuhanan, keberadaban, dan kemandirian
11. Keadilan sosial, kesejahteraan, pemerataan, jaminan sosial dan tidak boros. Hal ini merupakan nilai-nilai Pancasila yang terkandung dalam sila ke ….
A. 1
B. 3
C. 4
D. 5
12. Pancasila sila ke dua membimbing manusia untuk ….
A. bergaul akrab dengan teman
B. mencintai sesama manusia
C. menghargai orang yang lebih tua
D. mengasihi orang yang sopan
13. Sesuatu yang penting atau berguna bagi kemanusiaan yang terkandung dalam Pancasila, merupakan pengertian dari ….
A. nilai Pancasila
B. fungsi Pancasila
C. ideologi negara
D. dasar negara
14. Sikap berikut ini yang menunjukkan upaya mempertahankan Pancasila dalam kehidupan di sekolah, kecuali ….
A. tidak memaksakan kehendak kepada teman
B. mentaati tata tertib sekolah
C. menghormati sesama warga sekolah
D. berkelahi dengan teman
15. Sikap berikut ini yang tidak menunjukkan upaya mempertahankan Pancasila dalam kehidupan di lingkungan keluarga ….
A. mencuri
B. saling tolong menolong
C. saling menyayangi
D. menghormati orang tua
16. Hukum dasar yang memuat aturan-aturan pokok atau aturan-aturan Dasar Negara disebut ….
A. ideologi
B. konstitusi
C. dasar negara
D. Pancasila
17. Fungsi konstitusi bagi suatu negara adalah ….
A. dijadikan sumber dari segala sumber hukum
B. berperan dalam kemajuan bangsa
C. berkedudukan tertinggi dalam suatu bangsa
D. pedoman dalam penyelenggaraan pemerintah negara
18. Masa berlakunya konstitusi RIS adalah ….
A. 18 Agustus 1945 sampai 27 Desember 1949
B. 17 Agustus 1950 sampai 5 Juli 1955
C. 27 Desember 1945 sampai 17 Agustus 1950
D. 5 Juli 1959 sampai sekarang
19. Bentuk negara pada masa konstitusi RIS adalah ….
A. Federasi
B. Republik
C. Kesatuan
D. Presidentil
20. Di bawah ini salah satu penyimpangan pada masa orde lama adalah ….
A. KKN
B. pengangkatan presiden seumur hidup
C. pemilu dilaksanakan secara tidak demokratis
D. terjadi pemusatan kekuasaan di tangan Presiden
21. Berikut ini adalah akibat penyimpangan pada masa orde lama, kecuali ….
A. tidak berjalannya sistem yang telah ditetapkan dalam UUD 1945
B. mengakibatkan memburuknya keadaan politik dan keamanan
C. korupsi, kolusi, dan nepotisme
D. terjadinya kemerosotan di bidang ekonomi
22. Amandemen mempunyai pengertian ….
A. mengubah UUD
B. menata UUD
C. membangun UUD
D. mengoreksi UUD
23. Lembaga Negara yang berwenang mengamandemen UUD 1945 adalah ….
A. DPR
B. MPR
C. KPK
D. DPD
24. Anggota MPR berdasarkan UUD 1945 yang diamandemen adalah ….
A. DPR dan MA
B. DPR dan presiden
C. DPR dan BPK
D. DPR dan DPD
25. Berikut ini adalah latar belakang amandemen UUD 1945, kecuali ….
A. banyaknya pasal yang multitafsir
B. kurang leluasanya para penguasa
C. kurang terjaminnya hak asasi manusia
D. kurangnya landasan hidup demokratis
26. Di bawah ini merupakan partisipasi siswa terhadap pelaksanaan UUD 1945 hasil amandemen di lingkungan sekolah, kecuali ….
A. mengikuti kegiatan OSIS
B. melaksanakan tata tertib sekolah
C. menjaga keamanan lingkungan
D. melaksanakan regu piket kelas
27. Peraturan yang dibuat oleh lembaga pembuat UU berdasarkan konstitusi dan berlaku secara sah di Indonesia merupakan pengertian dari ….
A. perundangan-undangan nasional
B. peraturan pemerintah
C. tata urutan perundang-undangan
D. keputusan Presiden
28. Tujuan ditetapkannya peraturan perundang-undangan adalah untuk ….
A. memenuhi kewajiban
B. menciptakan ketertiban dan keteraturan
C. memperjuangkan hak
D. menghapus monopoli
29. Menurut tata urutan perundang-undangan dalam Undang-Undang Nomor 10 tahun 2004, kedudukan UUD 1945 adalah ….
A. hukum tertinggi di Indonesia
B. sumber dari segala sumber hukum di Indonesia
C. sumber hukum dasar nasional
D. peraturan yang tiada tandingnya
30. Lembaga yang berwenang membuat Undang-Undang bersama presiden adalah …
A. DPD
B. MPR
C. DPR
D. MA
31. Arti penting peraturan perundang-undangan bagi kehidupan warga negara adalah ….
A, meringankan tugas polisi
B. menghapuskan kemiskinan
C. melindungi hak-hak warga negara
D. menjamin hak-hak penguasa
32. Masa jabatan Presiden dalam satu periode menurut UUD 1945 pasal 7 hasil amandemen adalah ….
A. 4 tahun
B. 6 tahun
C. 8 tahun
D. 5 tahun
33. Lembaga yang berwenang membuat Undang-Undang adalah ….
A. MPR
B. DPA
C. DPR
D. BPK
34. Sikap patuh terhadap perundang-undangan nasional di lingkungan sekolah adalah ….
A. mentaati peraturan sekolah
B. mentaati norma-norma yang berlaku di masyarakat
C. memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa
D. penanaman sikap sopan santun di masyarakat
35. Tindak pidana yang dilakukan orang yang secara sengaja melawan hukum, melakukan perbuatan memperkaya diri sendiri atau orang lain yang dapat merugikan kerugian negara disebut ….
A. kolusi
B. nepotisme
C. pemerasan
D. korupsi
36. Lembaga yang mengurusi tindakan KKN adalah ….
A. KPK
B. POLRI
C. JAKSA
D. HAKIM
37. Pernyataan berikut merupakan alasan masyarakat membenci tindakan pelaku korupsi adalah ….
A. tindak pidana korupsi membuat rakyat sengsara, dan koruptor semakin kaya
B. tindak pidana korupsi dapat menimbulkan kesejahteraan rakyat
C. tindak pidana korupsi dapat mengharumkan nama baik negara di mata dunia
D. tindak pidana korupsi dapat mempererat persatuan
38. Pemberantasan Korupsi, Kolusi, Nepotisme (KKN) di Indonesia harus segera dilaksanakan, karena…
A. menimbulkan kemakmuran
B. menghambat dan merusak bangsa
C. menjadikan bangsa yang maju
D. menjadikan budaya bangsa
39. Salah satu instrumen hukum tentang tindak pidana korupsi, yaitu Undang-Undang Nomor 30 Tahun 2002 tentang ….
A. hak asasi manusia
B. pemberantas tindak pidana korupsi
C. narkotika
D. partai politik
40. Pengadilan tindak pidana korupsi dibentuk pada ….
A. Pengadilan HAM
B. Pengadilan Tata Usaha Negara
C. Pengadilan Negeri Jakarta Pusat
D. Pengadilan Agama
Tidak ada komentar:
Posting Komentar