Lengkap - 35+ Contoh Soal UAS IPA Kelas 7 SMP/MTs Semester Ganjil Terbaru

35+ Contoh Soal UAS IPA Kelas 7 SMP/MTs Semester Ganjil Terbaru - Halo adik adik dimana saja berada, bagaimana nih kabarnya? semoga sehat selalu ya, nah pada kesempatan kali ini kakak ingin membagikan beberapa contoh soal yang mungkin adik adik butuhkan, kemaren kakak juga telah posting mengenai soal Penilaian Akhir Semester dari mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam, nah kalai ini sama tentang soal Ulangan Akhir Semester juga. namun yang beda adalah terdapat pada penomoran, Tetap semangat ya adik..

Soal UAS IPA Kelas 7 SMP/MTs

35+ Contoh Soal UAS IPA Kelas 7 SMP/MTs Semester Ganjil Terbaru  - Bagi Adik adik dimana saja berada yang ingin sekali mempelajari Soal UAS IPA Kelas 7 SMP/MTs ini, adik adik bisa menguduh materi ini di bospedia dalam bentuk file doc. Berikut ini adalah rincian Soal UAS IPA Kelas 7 SMP/MTs Semester 1.. SELAMAT MENGUNDUH YAA...

Berikut bospedia memberikan Soal UAS IPA Kelas 7 SMP/MTs

Berikut bospedia memberikan Soal UAS IPA Kelas 7 SMP/MTs

PETUNJUK UMUM
1. Tulis namamu di sudut kanan atas
2. Bacalah setiap soal dengan teliti.
3. Kerjakan dulu soal yang kamu anggap mudah.
4. Periksa kembali pekerjaanmu sebelum diserahkan pada pengawas.

A. Berilah tanda silang (x) didepan huruf a,b, c dan d didepan jawaban yang benar !

1. Ilmuwan atau scientist mempelajari apa yang terjadi di sekitar kita melalui serangkaian penelitian dengan sangat cermat dan sistematis. Langkah awal yang mereka tempuh dalam penelitian tersebut adalah melakukan ….
a. percobaan

b. analisis data
c. pelaporan
d. pengamatan

2. Berikut ini bukan pertanyaan yang tepat untuk diajukan setelah kalian mengamati ciri-ciri fisik sebuah bunga mawar menggunakan alat indra adalah ….
a. Bagaimanakah warna bunga mawar?
b. Berapakah lama siklus hidup bunga mawar?
c. Mengapa akar bunga mawar tidak berbentuk serabut?
d. Mengapa ada duri pada batang bunga mawar?

3. Seandainya kalian ingin melakukan penelitian terhadap pertumbuhan tanaman kacang hijau dalam pot, maka yang menjadi objek penelitiannya adalah ….
a. jenis pupuk dan bentuk pot
b. tanah, jenis pupuk, dan bentuk pot
c. jenis pupuk, bentuk pot, dan kacang hijau
d. jenis pupuk, kacang hijau, dan jenis tanah

4. Seorang ilmuwan sedang tekun di laboratorium. Dia menyelidiki suatu zat dengan tujuan ingin mengetahui sifat zat tersebut. Bidang ilmu pengetahuan yang ditekuni ilmuwan adalah ….
a. Kimia
b. Biologi
c. Fisika
d. Ilmu Bumi dan Antariksa

5. Misalkan kalian memiliki seekor kelinci, maka besaran yang tidak dapat diukur dari kelinci tersebut adalah ….
a. jarak loncatan
b. panjang telinga
c. kasih sayang terhadap anaknya
d. frekuensi menarik napas tiap menit
6. Intan memiliki sebuah pot berisi tanaman yang sudah mulai berbuah. Besaran yang dapat diukur Intan dari tanaman tersebut adalah ….
a. berat buah dan tinggi tanaman
b. berat pot dan panjang akar
c. lebar daun dan berat pot
d. berat tanah dan tinggi tanaman

7. Budi dan Dita mengukur panjang sebuah meja menggunakan jengkal tangan mereka masing-masing dan hasil pengukurannya berbeda. Alasan yang sesuai terhadap perbedaan hasil pengukuran mereka adalah ….
a. jengkal tangan Budi lebih panjang dari jengkal tangan Dita
b. pengukurannya tidak menggunakan alat ukur yang baku
c. jengkal tangan Dita tidak dibuka lebar
d. posisi mata saat mengukur tidak tegak lurus meja

8. Produsen barang-barang pabrik harus menggunakan satuan pengukuran baku yang sama, dengan tujuan supaya ….
a. distribusi barang dapat berjalan lancar
b. barang yang dihasilkan memiliki keakuratan ukuran
c. barang yang dijual cepat laku di pasaran
d. barang yang dihasilkan tidak saling tertukar

9. Alat ukur yang tidak tepat kalian pergunakan untuk mengukur sebuah buku tulis adalah ….
a. penggaris
b. neraca lengan
c. mistar
d. stopwacth

10. Di dalam kehidupan sehari-hari, orang sering menggunakan istilah berat untuk menyatakan massa, misalnya berat tubuh Danu 40 kg. Sesungguhnya massa tidak sama dengan berat, karena massa ….
a. menyatakan jumlah kandungan materi suatu zat
b. merupakan gaya gravitasi yang bekerja pada benda
c. besarnya berubah-ubah tergantung kedudukan benda
d. besarnya tergantung ketinggian benda

11. Besaran pokok merupakan besaran yang satuannya sudah didefinisikan dengan jelas. Berikut ini yang termasuk kelompok besaran pokok adalah ….
a. panjang, luas, dan waktu
b. massa, kuat arus, dan suhu
c. volume, luas, dan massa jenis
d. massa, suhu, dan volume

12. Perhatikan hasil pengukuran berikut ini!
(1) Lebar ruangan kelas; 
(2) Massa sekarung beras; 
(3) Kuat arus lampu bohlam; 
(4) Kecepatan lomba lari jarak pendek
Satuan yang tepat untuk menyatakan hasil pengukuran di atas secara berurutan adalah ….
a. meter, ons, kelvin, dan sekon
b. kilometer, gram, ampere, dan jam
c. meter, kilogram, ampere, dan sekon
d. kilometer, kilogram, kelvin, dan jam

13. Anita menanam jagung di pekarangan rumahnya. Tinggi jagung pada awal pengukurannya 10 cm dari permukaan tanah. Selang dua minggu kemudian, ternyata tingginya menjadi 17 cm. Laju pertumbuhan jagung tersebut adalah ….
a. 1 cm/hari
b. 1,5 cm/hari
c. 0,5 cm/hari
d. 0,25 cm/hari

14. Apabila kalian ingin mengukur volume benda tidak teratur, misalnya batu, maka alat ukur yang tepat digunakan adalah ….
a. neraca lengan
b. jangka sorong
c. mistar
d. gelas ukur

15. Edo melarutkan 30 gram gula ke dalam 1.500 mL air. Konsentrasi larutan gula yang terbentuk adalah ….
a. 30 g/L
b. 20 g/L
c. 15 g/L
d. 5 g/L

16. Ketika kalian akan mengklasifikasikan ayam, burung elang, dan bebek dalam satu kelompok, maka dasar persamaan ciri yang digunakan adalah ….
a. jenis makanan
b. bentuk paruh
c. sayap yang dimiliki
d. bentuk kaki

17. Sepeda motor dan mobil mempunyai ciri dapat bergerak dan mengeluarkan zat sisa, tetapi tidak dapat disebut sebagai makhluk hidup, karena ….
a. zat yang dikeluarkan merupakan sisa pembakaran mesin
b. kemampuan bergeraknya terbatas
c. kedua benda dapat dimodifikasi bentuk dan ukurannya
d. tidak memiliki keseluruhan ciri-ciri makhluk hidup

18. Lukman memasukkan seekor belalang dalam wadah yang tertutup rapat dan beberapa helai daun. Dua hari kemudian, ketika diamati ternyata belalang telah mati. Hal ini membuktikan bahwa belalang tersebut memerlukan ……
a. air bersih untuk minum
b. udara segar untuk bernapas
c. daun segar untuk makanan
d. area yang luas untuk bergerak

19. Tubuh kalian sekarang menjadi lebih tinggi dibandingkan pada waktu masih kecil. Hal tersebut menunjukkan bahwa kalian mengalami ….
a. pertumbuhan
b. perkembangan
c. iritabilitas
d. adaptasi

20. Makanan yang dimasak Ibu di dapur dapat tercium baunya sampai ke ruang tengah, karena ….
a. partikel-partikel gas bergerak
b. hidung dapat mencium bau jarak jauh
c. partikel gas tidak bergerak
d. gaya tarik partikel gas sangat kuat

21. Sebongkah emas apabila dipotong terus menerus, akan menjadi bagian terkecil yang tidak dapat dibagi lagi. Bagian terkecil tersebut dinamakan ….
a. senyawa
b. campuran
c. unsur
d. padatan

22. Unsur di alam dapat dibedakan menjadi dua jenis, yaitu unsur logam dan unsur non logam. Berikut ini yang termasuk kelompok unsur logam adalah ….
a. emas dan nitrogen
b. besi dan karbon
c. hidrogen dan fosfor
d. perak dan natrium

23. Lambang unsur dibuat untuk memudahkan dalam penulisan nama unsur, yaitu dengan cara menyingkatnya. Lambang unsur besi, emas, dan helium secara berturut-turut adalah ….
a. Fe, Ag, dan He
b. Be, Au, dan H
c. Fe, Au, dan He
d. Be, Ag, dan H

24. Senyawa merupakan zat tunggal yang unsur-unsur penyusunnya dapat diuraikan menjadi dua jenis atau lebih dengan cara kimia. Air adalah senyawa yang apabila diuraikan unsur-unsur penyusunnya akan menjadi ….
a. hidrogen dan nitrogen
b. hidrogen dan oksigen
c. oksigen dan nitrogen
d. nitrogen dan helium

25. Saat kalian melarutkan gula dalam air, maka akan terbentuk campuran gula yang rasanya manis seperti rasa gula penyusunnya. Berdasarkan hal tersebut, dapat disimpulkan bahwa ….
a. sifat campuran masih sama dengan sifat zat penyusunnya
b. campuran tersusun atas dua unsur secara kimia
c. perbandingan massa unsur-unsur penyusunnya tetap
d. sifat gula mendominasi sifat campuran

26. Kalian dapat menentukan larutan asam dalam makanan atau minuman di rumah, dengan cara mengenali cirinya, yaitu ….
a. terasa licin di kulit
b. rasanya yang masam
c. rasanya pahit di lidah
d. merubah lakmus merah menjadi biru


27. Contoh benda yang mengandung basa dalam kehidupan sehari-hari adalah ….
a. obat maag, cuka, dan shampo
b. sabun, shampo, dan pupuk
c. cuka, jeruk, dan minuman ringan
d. pasta gigi, sabun, dan aki

28. Larutan asam sering direaksikan dengan larutan basa yang menghasilkan senyawa netral atau dikenal dengan reaksi netralisasi. Berikut ini yang bukan merupakan penerapan reaksi netralisasi dalam kehidupan adalah ….
a. pengobatan dari sengatan lebah
b. pengobatan penderita sakit maag
c. pengolahan tanah pertanian
d. peningkatan hormon tubuh

29. Beberapa jenis tumbuhan dapat dipergunakan sebagai indikator alami untuk mengidentifikasi larutan asam basa. Contoh tumbuhan yang termasuk indikator alami adalah ….
a. jahe
b. kubis putih
c. kunyit
d. bunga anggrek

30. Campuran heterogen terjadi karena zat tidak dapat bercampur satu dengan lainnya secara sempurna. Berikut ini yang bukan merupakan campuran heterogen adalah ….
a. air sungai
b. minyak dengan air
c. air kapu
d. sirup

B. Soal Uraian

Kerjakan soal-soal di bawah ini dengan tepat pada lembar jawab yang tersedia!

31. Misalkan kalian akan melakukan pengamatan terhadap kemampuan hidup tanaman di tempat gelap dan terang. Tanaman tersebut kalian beri perlakuan yang sama, mulai dari jenis tanah yang digunakan, jenis pupuk, dan kebutuhan airnya. Menurut prediksi kalian, tanaman manakah yang kemampuan hidupnya lebih baik? Jelaskan alasannya!

32. Bakteri memiliki panjang sampai dengan 10 µm, sedangkan virus panjangnya sampai 100 nm. Sesuai data tersebut, manakah yang berukuran lebih panjang? Jelaskan alasan kalian!

33. Besaran turunan adalah besaran yang satuannya diturunkan dari besaran pokok. Jelaskan pendapat kalian, mengapa luas termasuk dalam besaran turunan!

34. Apabila kalian perhatikan, rumah rayap dari hari ke hari akan terus bertambah besar. Berdasarkan peristiwa ini, apakah rumah rayap tersebut dikatakan dapat hidup? Jelaskan alasan kalian!

35. Semakin bertambahnya pabrik di sekitar tempat tinggal kalian, juga memberikan dampak buruk bagi lingkungan. Akibat polusi dari buangan industri, dapat menyebabkan terjadinya hujan asam. Jelaskan mengapa dapat terjadi hujan asam dan apa dampak negatifnya bagi kehidupan?

Demikianlah informasi yang bisa kami sampaikan, mudah-mudahan dengan adanya 35+ Contoh Soal UAS IPA Kelas 7 SMP/MTs Semester Ganjil Terbaru ini para siswa akan lebih semangat lagi dalam belajar demi meraih prestasi yang lebih baik. Selamat belajar!!
Tentang:

Share:


Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar