Contoh Soal Langkah-langkah abstraksi teks eksposisi

Contoh Soal Langkah-langkah abstraksi teks eksposisiSeperti yang sudah kalian pelajari pada topik sebelumnya, teks eksposisi adalah sebuah teks yang memaparkan suatu infrormasi atau permasaahan sehingga pengetahuan pembaca menjadi bertambah atau pembaca menjadi lebih memahami permasalahan tersebut. Tujuan dari teks eksposisi yaitu memberikan penjelasan atau keterangan yang mendalam tentang sesuatu. Teks eksposisi bisa juga berupa informasi tentang langkah, metode, cara melakukan, atau cara menggunakan sesuatu.
Sekarang, tahukah kalian apa itu mengabstraksi? Mengabstraksi bisa diartikan sebagai sebuah cara yang dilakukan untuk membuat garis besar dari suatu teks. Jadi, kalian akan membuat sebuah teks lain dengan isi yang lebih umum dari teks eskposisi yang sudah dibaca. Lalu, bagaimana cara mengabstraksi sebuah teks eksposisi? 
Berikut ini langkah-langkah mengbastraksi teks eksposisi.
• Membaca teks eksposisi yang akan diabstraksi.
• Menentukan ide-ide pokok dalam teks eksposisi yang akan diabstraksi.
• Menentukan kalimat-kalimat utama dalam teks.
• Menentukan mana saja kata kunci dari teks.
• Merangkai kalimat dengan menggunakan kata kunci dalam teks.
• Menyusun teks menjadi abstraksi.
Contoh Soal Langkah-langkah abstraksi teks eksposisi

SOAL 1
Apa itu abstraksi teks?

SOAL 2
Langkah-langkah mengabstraki teks eksposisi antara lain…. kecuali…

SOAL 3
Pengobatan luka bakar sendiri sebenarnya bisa dilakukan dengan cara tradisonal menggunakan bahan-bahan alami. Bahan-bahan alami ini sangat mudah didapatkan. Meskipun pengobatan seperti ini sudah jarang dilakukan, tapi cara seperti ini memang ampuh untuk mengobati luka bakar. Terutama untuk pertolongan pertama pada luka bakar. Pengobatan ini juga menggunakan bahan alami sehingga relatif aman.
Ide pokok dari paragraf pertama dalam teks di atas adalah…

SOAL 4
Mengabstraksi harus dilakukan dengan langkah-langkah yang tepat dengan tujuan seperti berikut, kecuali…

SOAL 5
Bahan-bahan alami yang bisa digunakan untuk mengobati luka bakar yang pertama adalah mentimun dan kentang. Caranya, ambil sepotong mentimun dan kentang kemudian haluskan. Oleskan ramua ini pada luka bakar. Mentimun memiliki kemampuan untuk menyerap panas sedangkan kentang sebagai anti peradangan.
Ide pokok dari dari paragraf di atas adalah…

SOAL 6
Bahan yang ketiga adalah tomat. Cara mengobati luka bakar dengan tomat ini adalah dengan menghaluskan daging tomat kemudian mengoleskannya pada luka bakar. Tomat mampu meredam luka bakar serta sebagai antiperadangan.
Kata kunci dalam paragraf di atas diantaranya adalah…

SOAL 7
Lidah buaya dan tomat juga ternyata dapat dimanfaatkan sebagai bahan untuk mengobati luka bakar. Kandungan tomat dan lidah buaya ini memiliki efek yang mendinginkan serta mempercepat proses pemulihan luka bakar. Dengan demikian, luka bakar akan cepat sembuh dengan ramuan lidah buaya dan tomat ini.
Kata kunci dalam paragraf di atas diantaranya adalah…

SOAL 8
Lidah buaya dan tomat juga ternyata dapat dimanfaatkan sebagai bahan untuk mengobati luka bakar. Kandungan tomat dan lidah buaya ini memiliki efek yang mendinginkan serta mempercepat proses pemulihan luka bakar. Dengan demikian, luka bakar akan cepat sembuh dengan ramuan lidah buaya dan tomat ini.
Kalimat yang paling tepat yang menggunakan kata kunci lidah buaya untuk membuat teks abstraksinya adalah…

SOAL 9
Bahan alami untuk mangatasi luka bakar yang kedua yaitu lidah buaya. Caranya, ambil daging lidah buaya, haluskan, kemudian oleskan pada luka bakar. Lidah buaya ini memiliki efek mendinginkan dan dapat memulihkan luka bakar.
Kalimat utama dari paragraf pertama terdapat dalam kalimat …

SOAL 10
Luka bakar ternyata bisa diobati secara alami dengan bahan-bahan seperti mentimun, kentang, lidah buaya, dan tomat. Caranya pun sangat mudah untuk dilakukan. Cara ini sudah dilakukan sejak dulu dan memang sudah terbukti ampuh. Jadi, jika ternyata di rumah tidak ada obat luka bakar, bahan-bahan alami ini bisa dimanfaatkan.
Apa kesimpulan dari teks di atas?
Tentang:

Share:


Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar