Contoh Soal Karakteristik teks eksposisi

Contoh Soal Karakteristik teks eksposisi Teks eksposisi adalah sebuah teks yang ditulis dengan tujuan menjelaskan, memaparkan, mengajarkan, menyampaikan suatu informasi, serta menerangkan ide, pendapat, atau informasi tanpa adanya desakan, imbauan, atau ajakan untuk mengikuti atau menerima apa yang dijelaskan. Eksposisi bisa juga dikatakan sebagai karangan yang ditulis dengan tujuan untuk menginformasikan sesuatu sehingga dapat memperluas wawasan atau pengetahuan pembaca.
Ciri-ciri teks eksposisi
Pertama, memaparkan pengertian, ide, pendapat tentang sesuatu, cara, metode, serta langkah dalam mengerjakan atau membuat sesuatu dengan penjelasan yang informatif.
Kedua, pemaparan dibuat secara runtut sehingga apa yang dibicarakan dalam teks tersebut menjadi jelas. Ketiga, teks eksposisi bersifat ilmiah dengan sumber yang bisa didapatkan dari penelitian, pengamatan, atau pengalaman. Keempat, pembahasannya objektif, logis, dan sesuai nalar.
Contoh Soal Karakteristik teks eksposisi

SOAL 1
Teks eksposisi adalah ....

SOAL 2
Sifat dari penulisan teks eksposisi adalah…

SOAL 3
Tujuan dari teks eksposisi adalah...

SOAL 4
Salah satu ciri teks eksposisi yang paling kentara adalah…

SOAL 5
Anda tentu tahu bahwa madu merupakan salah satu bahan herbal yang banyak dimanfaatkan di masyarakat baik itu untuk pengobatan maupun kecantikan. Konon, sejak zaman dahulu madu ini sudah digunakan sebagai bahan obat-obatan dan untuk menjaga kecantikan.
Jenis pengembangan paragraf yang digunakan dalam teks eksposisi paragraf di atas adalah...

SOAL 6
Lalu, apa saja manfaat dari madu ini? Madu memiliki manfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Dalam bidang kesehatan, madu bermanfaat untuk menjaga stamina, mencegah kanker, merangsang pertumbuhan jaringan yang baru, imunitas tubuh, menurunkan kolesterol, mengatasi batuk, dan sebagainya. Dalam bidang kecantikan, madu bermanfaat untuk menjaga keremajaan kulit, menghaluskan kulit, melembabkan kulit, mencegah penuaan dini dan sebagainya.
Pola pengembangan yang digunakan dalam teks eksposisi di atas adalah...

SOAL 7
Struktur teks eksposisi yang merupakan keterangan atau pembahasan lanjutan terdapat pada paragraf …

SOAL 8
Ciri dari sebuah teks eksposisi adalah sifatnya yang ilmiah.Cara mengetahuinya hal tersebut adalah...

SOAL 9
Tahukah Anda bagaimana cara untuk memutihkan wajah secara alami? Banyak orang yang ingin memiliki wajah yang putih namun dengan cara alami. Cara memutihkan kulit ini sebenarnya sangat mudah. Caranya, ambillah sesendok air perasan jeruk nipis dan setengah sendok madu murni. Campurkan kedua bahan tersebut, kemudian oleskan secara lembut pada wajah Anda. Biarkan selama sekitar 10 hingga 15 menit. Basuh dengan air dingin hingga bersih. Lakukan dua kali dalam seminggu. Mudah bukan? Jadi, selain Anda menjadi lebih cantik alami, dengan cara seperti ini Anda juga tidak perlu mengeluarkan biaya banyak. 
Teks eksposisi tersebut menggunakan pola pengembangan...

SOAL 10
Tahukah Anda ternyata yoghurt sangat bagus untuk kesehatan kulit? Yoghurt bisa dimanfaatkan untuk masker kulit. Caranya sangat mudah. Anda hanya tinggal menyediakan beberapa sendok yoghurt kemudian oleskan pada kulit. Lakukan secara rutin seminggu dua kali. Kulit akan menjadi sehat dan halus.
Ciri teks eksposisi yang ada dalam teks tersebut adalah… kecuali…
Tentang:

Share:


Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar