Contoh Soal Pemanfaatan Gelombang Cahaya dalam Bidang Teknologi

Contoh Soal Pemanfaatan Gelombang Cahaya dalam Bidang TeknologiGelombang cahaya termasuk dalam gelombang transversal dan elektromagnetik. Artinya, gelombang tersebut memiliki arah getar yang tegak lurus dengan arah rambatnya dan tidak membutuhkan medium untuk merambat. Oleh karena itu, gelombang cahaya banyak dimanfaatkan untuk kemajuan teknologi, contohnya laser, hologram, deteksi sidik jari, serat optik, dan sebagainya. Berikut ini merupakan manfaat gelombang cahaya dalam bidang teknologi.

1. Laser 

Laser merupakan sumber cahaya monokromatis, artinya sumber cahaya ini hanya memiliki satu panjang gelombang keluaran. Penemu laser dianugerahkan kepada ilmuwan asal Jerman, Theodore Maiman, pada 1960. Laser merupakan kependekan dari Light Amplification by Stimulated Emmision of Radiation. Laser memiliki berkas cahaya koheren dan intensitas tinggi. 
Dalam bidang teknologi, laser biasa diterapkan pada alat-alat berikut.
a. Peralatan medis, seperti alat operasi wajah dan operasi lasik.
b. Teknologi industri, contohnya sebagai pemotong baja dalam industri kereta api.
c. Fotografi, contohnya untuk membuat hologram. Hologram adalah gambar tiga dimensi yang dibentuk oleh hasil interferensi sinar laser. Proses ini dikenal sebagai holografi. Prinsip pembentukan hologram adalah benda yang akan dibuat tiga dimensi ditembak dengan laser, kemudian benda tersebut akan memantulkan cahaya laser yang dikenakan padanya. Interferensi gelombang yang ditembakkan dengan gelombang pantul tersebut akan membentuk hologram.
d. Teknologi laser (laser lighting) sebagai seni pencahayaan dalam suatu pertunjukan.

2. Serat Optik 

Serat optik (fiber optic) adalah alat transmisi sinyal yang memanfaatkan cahaya sebagai pembawa informasinya. Serat optik memanfaatkan prinsip pandu gelombang, artinya gelombang cahaya yang melewati serat optik akan dipandu agar tidak melewati batas-batas yang telah ditentukan. Serat optik dibedakan menjadi dua bagian utama, yaitu inti (core) dan selaput pembungkus (cladding). Agar gelombang cahaya terpandu, material penyusun inti harus memiliki indeks bias lebih besar daripada selaput pembungkusnya. Serat optik ini biasa digunakan dalam bidang telekomunikasi untuk transmisi sinyal/ data.

3. Finger print scanner (pendeteksi sidik jari) 

Finger print scanner ini biasa digunakan oleh pihak kepolisian untuk mengidentifikasi identitas seseorang. Di zaman sekarang, finger print scanner juga digunakan oleh banyak perusahaan/ instansi sebagai indikator kehadiran karyawannya.
        Pada prinsipnya, finger print scanner bisa bekerja berdasarkan dua sensor, yaitu sensor optikal dan kapasitif. Di dalam alat ini terdapat jutaan photosite atau rangkaian dioda. Photosite ini berfungsi untuk menangkap pola-pola sidik jari seseorang. Pola sidik jari tersebut dideteksi melalui cahaya yang diterimanya, kemudian diterjemahkan dalam sinyal-sinyal elektronik. Sinyal tersebut akan dikeluarkan dalam bentuk image.

Contoh Soal Pemanfaatan Gelombang Cahaya dalam Bidang Teknologi


SOAL 1
Gelombang cahaya memiliki arah rambat yang tegak lurus terhadap arah getarnya. Dengan demikian, gelombang cahaya termasuk dalam gelombang ....

SOAL 2
Laser ditemukan oleh ....

SOAL 3
Salah satu manfaat laser di bidang teknologi kedokteran adalah ....

SOAL 4
Negara-negara maju seperti Jepang, biasa memanfaatkan laser sebagai seni pertunjukan. Pertunjukan itu biasa disebut sebagai ....

SOAL 5
Serat optik memiliki dua lapisan utama. Lapisan yang memiliki indeks bias lebih besar disebut ....

SOAL 6
Teknologi yang digunakan untuk menciptakan gambar tiga dimensi disebut ....

SOAL 7
Salah satu sifat gelombang cahaya yang dimanfaatkan dalam holografi adalah ....

SOAL 8
Salah satu aplikasi gelombang cahaya terdapat pada teknologi finger print scanner. Di dalam alat ini, komponen yang berfungsi sebagai penangkap pola sidik jari seseorang disebut ....

SOAL 9
Pola sidik jari seseorang dalam finger print scanner dideteksi melalui ....

SOAL 10
Selain bidang telekomunikasi, serat optik juga bisa digunakan dalam teknologi kedokteran, contohnya ....
Tentang:

Share:


Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar