Contoh Soal Pemanfaatan Gelombang Ultrasonik

Contoh Soal Pemanfaatan Gelombang Ultrasonik Ultrasonografi atau USG merupakan perangkat medis yang biasa digunakan untuk mendeteksi organ-organ bagian dalam, seperti rahim, lever, dan sebagainya. Organ-organ tersebut tergolong organ vital manusia, sehingga dibutuhkan gelombang dengan energi yang sesuai, tidak terlalu rendah dan tidak terlalu tinggi. Bagaimana mekanisme kerja USG?
        Gelombang ultrasonik akan mengalami pemantulan saat melewati dua medium yang berbeda massa jenisnya. Sebagian gelombang akan dipantulkan dan sebagian lagi akan diteruskan. Saat ditembakkan ke dalam organ tubuh manusia, gelombang tersebut akan dipantulkan karena memiliki perbedaan massa jenis. Lalu, gelombang pantulan tersebut akan diterjemahkan menjadi gambar yang ditampilkan dalam layar.
        Selain berfungsi untuk mengetahui kondisi bagian dalam tubuh, USG juga dapat digunakan untuk terapi medis. Misalnya, penghancuran sel-sel kanker, batu ginjal, dan sebagainya. Metode terapi dilakukan dengan cara menembakkan gelombang ultrasonik ke arah jaringan yang tidak seharusnya.

2. Mendeteksi kerusakan logam 

Gelombang ultrasonik juga dapat digunakan untuk mendeteksi kerusakan pada logam. Sebelum adanya gelombang ultrasonik, kerusakan logam dideteksi menggunakan sinar X. Akan tetapi, pendeteksian sinar X dianggap kurang presisi, sehingga digunakan detektor ultrasonik yang bersifat lebih presisi.

3. Mengukur kedalaman laut 

Alat pengukur kedalaman laut memanfaatkan sistem sonar (sound navigation and ranging). Sistem sonar memanfaatkan gelombang ultrasonik di dalamnya. Mula-mula gelombang dipancarkan ke dalam laut melalui transmitter, lalu gelombang pantulan akan diterima oleh receiver. Lama perambatan gelombang antara transmitter dan receiver dipengaruhi oleh kedalaman tempat yang dituju. Alat yang digunakan dalam sistem sonar ini disebut echo sounder (penduga gema).

4. Mengetahui keadaan dalam bumi 

Pergeseran antarkerak bumi atau lempengan bumi dapat mengakibatkan gelombang seismik. Lalu apa kaitan dengan gelombang ultrasonik? Nah, ternyata bagian dalam kerak atau lempengan bumi tersebut dapat dideteksi dengan gelombang ultrasonik. Mekanisme deteksi memanfaatkan prinsip pemantulan gelombang.

Contoh Soal Pemanfaatan Gelombang Ultrasonik

SOAL 1
Gelombang bunyi yang memiliki frekuensi lebih dari 20 kHz disebut ....

SOAL 2
Salah satu contoh aplikasi gelombang ultrasonik di bidang medis terdapat pada ....

SOAL 3
Sifat gelombang yang dapat ditemukan pada USG adalah ....

SOAL 4
Alat pendeteksi gerakan lempengan bumi yang memanfaatkan gelombang ultrasonik disebut ....

SOAL 5
Contoh pemanfaatan gelombang ultrasonik di bidang industri adalah ....

SOAL 6
Alat yang digunakan untuk menentukan kedalaman perairan disebut ....

SOAL 7
Di antara tiga jenis gelombang bunyi, gelombang ultrasonik lebih sering dimanfaatkan dalam berbagai bidang kehidupan. Hal tersebut karena ....

SOAL 8
Terapi fisik yang dilakukan dengan gelombang ultrasonik adalah ....

SOAL 9
Penipisan dinding-dinding tangki dapat diamati menggunakan ....

SOAL 10
Penerima sinyal pantulan pada echo sounder disebut sebagai ....
Tentang:

Share:


Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar