Menemukan Inti Kalimat Berdasarkan Urutan,Pola Penalaran dan Tujuan

Menemukan Inti Kalimat

Menemukan Inti Kalimat 
Inti atau ide kalimat merupakan gagasan yang secara struktual maknawi membawakan gagasan yang lain.

Oleh sebab itu,inti atau ide pokok merupakan suatu konsep yang secara ordinatif mencakup konsep gagasan lain (menyubordinasi gagasan lain).Gagasan gagasan lain yang terwujud dalam kalimat kalimat penjelas atau pendkung gagasan pokok itu berantai berkesinambungan guna membentuk kesatuan paragraf .
CJOD-205 https://woof.tube/stream/ZVf4995u169
Menemukan inti atau ide pokok dapat dilakukan dengan mengenal jenis-jenis paragraf.

Berdasarkan urutannya : paragraf pembuka ,paragraf isi ,paragraf penutup
  • Paragraf pembuka merupakan paragraf yang terletak pada awal karangan . fungsinya mengantarkan pokok bahasan yang hendak di sampaikan pada paragraf berikutnya
  • Paragraf isi terletak di antara paragraf pembuka dan paragraf penutup . fungsinya adalah untu mengembangkan pokok persoalan yang telah di tentukan . jumlah paragraf isi di sesuaikan dengan ketuntasan pokok pikiran yang di temukan .
  • Paragraf penutup mengakhiri atau menutup  karangan . fungsinya menekan poko pokok pikiran yang harus diingat pembaca , memberi saran terakhir , harapan , acuan atau ajakan .
Berdasarkan pola penalarannya : paragraf deduktif dan induktif
  • Paragraf deduktif dimulai dari pernyataan umum ke khusus. Paragraf ini menampilkan kalimat utama atau kalimat pada awal paragraf , diikuti kalimat lain sebagai pengembangannya.
  • Paragraf induktif struktur paragraf ini di mulai dengan beberapa kalimat penjelas kemudian mencapai klimaks pada kalimat utama . paragraf ini sering di pekuat oleh contoh , perincian , penjelasan , atau ilustrasi .
Berdasarkan tujuannya : paragraf eksposisi, paragraf bahasan atau argumentasi, paragraf dekskripsi , paragraf kisahan atau narasi
  • Paparan (eksposisi) merupakan corak tulisan yang bertujuan menginformasikan , menerangkan , dan menguraikan suatu gagasan . paragraf eksposisi yang baik harus dapat memberikan tambahan pengertian dan pengetahuan pembacanya. Oleh karena itu , paragraf eksposisi harus akurat, jelas dan singakat .
  • Bahasan (argumentasi) merupakan corak tulisan yang bertujuan membuktikan pendapat , penulis meyakinkan atau mempengaruhi pembaca .Cara meyakinkan dilakukan dengan menyajikan data, bukti atau hasil penalaran .
  • Deskripsi merupakan corak tulisan yang bertujuan menggambarkan sejelas jelasnya suatu objek . Pembaca atau pendengar seolah olah mendengar , meraba, merasakan, dan melihat segala digambarkan penulis .
  • Kisahan atau narasi merupakan corak tulisan yang bertujuan menceritakan rangkaian peristiwa atau pengalaman manusia berdasarkan pembangunan dari waktu ke waktu . Paragraf narasi di maksud untuk memberi yahu pembaca atau pendengar tentang apa yang telah di ketahui dan apa yang telah di alami penulis . 
Tentang:

Share:


Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar