Pengertian Puisi Lama dan Puisi Baru Besarta Perbedaannya

Pengertian Puisi Lama dan Puisi Baru Besarta Perbedaannya - Didalam artikel-artikel sebelumnya sudah kita bahas juga mengenai pengertian puisi baru dan puisi lama, tetapi disini saya akan memberikan penjelasan lebih terperinci mengenai Pengertian Puisi Lama dan Puisi Baru beserta Perbedaannya yang mendasar dari kedua jenis puisi tersebut. Baik langsung saja kita ulas sebagai berikut.
Pengertian Puisi Lama dan Puisi Baru Besarta Perbedaannya

Pengertian Puisi

Sebelum kita membahas apa itu pengertian puisi lama dan puisi baru beserta perbedaan nya, disini saya akan terlebih dahulu menjelaskan apa itu pengertian puisi? Puisi merupakan karya sastra yang bahasanya terikat oleh irama, rima, larik, bait. Dimana Irama ialah alunan yang tercipta oleh kalimat yang berimbang, panjang pendek serta kemerduan bunyi. Kemudian Rima yaitu pengulangan bunyi yang berselang dan larik yaitu jumlah baris pada puisi.
SSNI-574 https://woof.tube/stream/2woVZPQxN9i 
Perlu kita ketahui bahwa puisi terbagi atas 3 jenis periode, yakni :

1. Puisi Lama

2. Puisi Baru

3. Puisi Modern

Mari kita bahas satu persatu diantara ketiga jenis puisi diatas. Apa itu puisi lama? Puisi baru? Dan puisi modern?

Pengertian Puisi Lama, Puisi Baru dan Puisi Modern


Pengertian Puisi Lama

Puisi Lama merupakan puisi yang masih terikat oleh syarat dan ketentuan tradisional dan menggunakan pola aturan tata bahasa tertentu. Dimana puisi lama terdiri dari 6 jenis, yakni pantun, gurindam, syair, mantra, karmina dan bidal. Dalam puisi lama biasanya tidak diketahui siapa pengarang yang jelas karena sifatnya ialah warisan turun temurun.

Pengertian Puisi Baru

Sedangkan Puisi Baru merupakan puisi yang tidak terikat oleh aturan baris, larik, maupun rima. Puisi baru ini sudah mendapat pengaruh dari puisi barat. Dalam puisi baru berkisar antara angkatan balai pustaka sampai dengan angkatan tahun 1960- an. Dan puisi baru biasanya sudah diketahui nama pengarangnya.

Pengertian Puisi Modern

Lalu apasih puisi modern itu? Puisi Modern merupakan puisi yang lebih mendahulukan dan mengutamakan isi daripada ikatan-ikatan lainnya. Dalam puisi modern ini, penyair atau pengarang lebih terbebas dari ikatan-ikatan atau syarat-syarat yang seperti yang ada dalam puisi lama.puisi modern ini diawali pada tahun 1970-an hingga saat ini .

Bagaimana sudah jelas ya apa itu pengertian puisi lama, puisi baru dan puisi modern? Nah didalam puisi lama dan puisi baru terdapat perbedaan-perbedaaan yang mencolok dari kedua jenis puisi tersebut. Seperti apakah perbedaan-perbedaan tersebut,langsung saja kita ulas sebagai berikut :

Perbedaan Puisi Lama dan Puisi Baru

1. Dalam puisi lama irama bersifat tetap, yakni dua patah kata dalam sekali ucap. Sedangkan pada puisi baru bersifat lebih dinamis mengikuti pikiran dan perasaan si penyair nya.

2. Bentuk Puisi lama yang masih terikat oleh syarat-syarat tradisional dan aturan-aturan tata bahasa. Sedangkan dalam puisi baru bentuknya lebih bebas dan tidak terikat pada syarat dan aturan apapun.

3. Dalam puisi lama biasanya tidak dikenal nama penulis nya kerana merupakan warisan turun temurun. Sedangkan dalam puisi baru sudah diketahui nama penulis atau penyairnya.

4. Puisi dikenal karena disebarkan secara lisan dari mulut ke mulut. Sedangkan puisi baru disampaikan secara lisan dan juga tulisan.

5. Dalam puisi lama biasanya berisi amanat atau nasihat-nasihat. Sedangkan dalam puisi baru biasanya berisi tentang curhatan hari penulis atau penyair nya.


Demikianlah penjabaran tentang pengertian puisi lama, puisi baru dan puisi modern besarta perbedaannya. Semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan kita tentang sastra Indonesia yang beraneka ragam bentuk dan jenisnya.
Tentang:

Share:


Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar