Kartu Piutang |
A. Mendeskripsikan Pengelolaan Kartu PiutangPengelolaan kartu piutang sangat penting bagi perusahaan, kartu piutang merupakan beberapa catatan mengenai piutang-piutang pihak luar kepada perusahaan, piutang merupakan asset perusahaan sehingga pengelolaan kartu piutang harus dilakukan dengan sebaik mungkin. |
D. Persiapan Penanganan Piutang
1. Diperlukan daftar piutang
2. Dipersiapkan surat-surat tagihan yang akan dkirim kepada debitur
3. Menyiapkan salinan faktur yang sudah jatuh tempo
4. Personel yang akan mengirimkan surat tagihan kepada debitur
E. Prosedur Pencatatan Piutang
Mulyadi ( 2001 : 257 ) menyatakan Prosedur pencatatan piutang terdiri dari
1. informasi yang diperlukan oleh manajemen
2. Dokumen
3. Catatan akuntansi
4. Organisasi
5. Metode pencatatan piutang
F. Metode Pencatatan Piutang
1. Metode konvensional, dalam buku besar disediakan satu akaun piutang untuk setiap debitor.
2. Metode posting langsung, bagian penagihan tiap hari membuat rekapitulasi total harga faktur untuk penjualan kredit yang terjadi pada hari yang bersanggkutan.
G. Mengidentifikasi Pelanggan
1. Lamanya menjadi pelanggan perusahaan
2. Besarnya kredit maksimal yang pernah diberikan
3. Kelancaran pengembalian kredit pada periode periode yang lalu
4. Status kredit yang sedang berjalan.
5. Kondisi perusahaan pelanggan yang sedang berjalan
H. Mengidentifikasi Pelanggan
1. Jurnal Penjualan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar