Teori Belajar Jerome Bruner
Menurut Bruner perkembangan kognitif seseorang terjadi melalui tiga tahap yaitu:Tahap enaktif, seseorang melakukan kegiatan belajar sebagai upaya untuk memahami lingkungan sekitarnya, artinya dalam memahami dunia sekitarnya anak menggunakan pengetahuan motorik
Tahap ikonik, seseorang memahami obyek melalui visualisasi verbal, atau dalam bentuk perumpamaan dan perbandingan
Tahap simbolik, adalah kemampuan belajar seseorang telah melahirkan ideatau gagasan abstrak yang sangat dipengaruhi oleh kemampuannya dalam berbahasa dan logika
Teori Belajar David Ausubel
Ausubel mengatakan seseorang akan dapat belajar secara bermakna, apabila ia dapat menghubungkan informasi yang diterima dengan apa yang telah diketahui sebelumnya. Advance Organizer yang juga dikembangkan oleh Ausubel merupakan penerapan konsepsi tentang struktur kognitif dalam merancang pembelajaran.Penggunaan advance Organizer sebagai kerangka isi akan dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam mempelajari informasi baru, karena merupakan kerangka dalam bentuk ringkasan konsep dasar tentang apa yang dipelajari.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar