BEDAH KISI-KISI UN SMA/MA BAHASA INDONESIA LINGKUP MATERI MENULIS TERBATAS: INDIKATOR, SOAL, DAN PEMBAHASAN
III. Lingkup Materi Menulis Terbatas
A. Level Kognitif Pengetahuan dan Pemahaman ( Mengidentifikasi, Memaknai)
Indikator materi: melengkapi kalimat/paragraf dengan istilah/kata/ungkapan/peribahasa
a. melengkapi bagian yang rumpang dengan ungkapan (soal UN 2017/2018)
Indikator soal : Disajikan paragraf narasi/ilustrasi yang dirumpangkan, siswa mampu melengkapi bagian yang rumpang dengan ungkapan yang tepat
b. Melengkapi Paragraf dengan Peribahasa (Soal UN 2017/2018)
Indikator soal : Disajikan paragraf narasi/ilustrasi yang dirumpangkan, siswa mampu melengkapi bagian yang rumpang dengan peribahasa yang tepat
B. Level Kognitif Aplikasi ( Menginterpretasi, Menggunakan)
1. melengkapi unsur teks (eksposisi, deskripsi, argumentasi, narasi, ulasan biografi, prosedur)
a. melengkapi unsur teks eksposisi
Disajikan sebuah kalimat pendapat tentang sesuatu, peserta didik dapat menentukan kalimat argumentasi yang logis untuk mendukung pendapat tersebut (satu atau dua kalimat argumen pendukung)
b. melengkapi unsur teks deskripsi
Disjaikan paragraf yang dirumpangkan salah satu kalimatnya; peserta didik dapat melengkapi paragraf tersebut dengan kalimat deskripsi yang tepat
c. melengkapi unsur teks argumentasi
Disajikan paragraf yang dirumpangkan kalimat simpulannya, peserta didik dapat menentukan kalimat simpulan untuk melengkapinya
d. melengkapi unsur teks ulasan
Disajikan sebuah puisi atau kutipan cerpen/novel, peserta didik dapat menentukan kalimat esai yang sesuai dengan isi puisi tersebut
e. melengkapi teks prosedur
Disajikan paragraf proses yang dirumpangkan satu kalimatnya, peserta didik dapat menentukan kalimat yang tepat untuk melengkapinya
f. Disajikan paragraf induktif yang dirumpangkan kalimat simpulannya, peserta didik dapat menentukan kalimat simpulan yang padu untuk melengkapinya
2. melengkapi teks sastra (prosa, puisi, drama)
a. melengkapi pantun
Disajikan puisi lama berupa pantun (bersajak ab, ab dan isinya nasihat) yang salah satu larik bagian isi dirumpangkan, peserta didik dapat menentukan larik yang tepat untuk melengkapinya
3. menggabungkan kalimat
Indikator soal: Disajikan kalimat acak (kalimat diberi nomor dan diurut ke bawah), peserta didik dapat menentukan urutan yang tepat untuk dijadikan paragraf padu.
4. mengurutkan unsur teks
C. Level Kognitif Penalaran ( Membandingkan, Menunjukkan bukti, Menganalisis Menanggapi/ Mengomentari, Merefleksi, Mengevaluasi, Memvariasikan)
1. memvariasikan kata yang bermakna sama
2. memvariasikan kalimat yang bertujuan sama
3. menggabungkan beberapa kalimat dengan konjungsi yang sesuai
4. memvariasikan unsur teks
5. mengubah bentuk teks lain
Tidak ada komentar:
Posting Komentar