BEDAH KISI-KISI UN SMA/MA BAHASA INDONESIA LINGKUP MATERI MEMBACA SASTRA: INDIKATOR, SOAL, DAN PEMBAHASAN
II. Lingkup Materi Membaca Sastra
A. Level Kognitif Pengetahuan dan Pemahaman ( Mengidentifikasi, Memaknai)
1. mengidentifikasi dan memaknai kata simbolik/majas/kias dalam karya sastra
a. mengartikan kata simbolik/kata berlambang
Indikator soal: Disajikan paragraf kutipan cerpen/novel, peserta didik dapat menentukan makna kata berlambang dalam teks
b. mengartikan ungkapan
Indikator soal: Disajikan kutipan cerpen , siswa mampu mengartikan ungkapan dalam kutipan cerpen tersebut dengan tepat.
c. mengidentifikasi kalimat yang bermajas
Indikator soal: Disajikan paragraf kutipan cerpen/novel, peserta didik dapat menentukan kalimat yang berupa majas
2. memaknai isi tersurat dalam karya sastra
a. menentukan maksud gurindam
Indikator soal: Disajikan sebait gurindam, peserta didik dapat menentukan maksud isi atau amanat yang terkandung dalam bait gurindam tersebut.
b. menentukan cara pendeskripsian watak tokoh
Indikator soal: Disajikan paragraf kutipan cerpen/novel, peserta didik dapat menentukan pendeskripsian watak tokoh.
B. Level Kognitif Aplikasi ( Menginterpretasi, Menggunakan)
1. menyimpulkan isi tersirat dalam cerpen/novel (konflik, sebab konflik, akibat konflik, amanat, nilai-nilai)
a. menentukan konflik, sebab konflik, akibat konflik
Indikator: Disajikan kutipan cerpen/novel, peserta didik dapat dapat menentukan konflik/masalah dalam kutipan yang disajikan.
b. menentukan amanat
Indikator: Disajikan kutipan cerpen/novel (yang di dalamnya tergambar: watak tokoh, nilai, dan amanat), peserta didik dapat menentukan amanat yang terkandung dalam kutipan cerpen/novel tersebut
c. menentukan nilai
C. Level Kognitif Penalaran ( Membandingkan, Menunjukkan bukti, Menganalisis Menanggapi/ Mengomentari, Merefleksi, Mengevaluasi, Memvariasikan)
1. membandingkan isi, pola penyajian, dan bahasa karya sastra (berdasarkan gaya, tema, unsur)
Disajikan dua kutipan teks cerpen/novel, peserta didik dapat menentukan persamaan/perbedaan permasalahan/hal yang diungkapkan dalam kedua teks
2. menganalisis hubungan antarbagian karya sastra
3. membuktikan simpulan dengan data pada karya sastra (bukti watak, setting, nilai)
a. Soal UN 2017/2018
b. Soal UN 2016/2017
Menentukan kalimat yang menunjukkan watak tokoh
Indikator: Disajikan kutipan cerpen/novel (yang di dalamnya tergambar: watak tokoh, nilai, dan amanat), peserta didik dapat menentukan pernyataan pembuktian watak tokoh tertentu dalam kutipan cerpen/novel tersebut
Menentukan kalimat yang menyatakan latar tempat
4. mengaitkan isi dengan kehidupan saat ini
Disajikan kutipan cerpen/novel (yang di dalamnya tergambar: watak tokoh, nilai, dan amanat), peserta didik dapat menentukan pernyataan yang menunjukkan nilai-nilai tertentu dalam kutipan cerpen/novel tersebut yang ditemukan dalam kehidupan saat ini
5. menilai keunggulan/kelemahan karya sastra
Indikator soal: Disajikan kutipan teks cerpen/novel karya pengarang Indonesia yang menggambarkan keunggulan/kelemahan cerita, peserta didik dapat menentukan kalimat resensi berupa keunggulan/kelemahan cerpen sesuai kutipan yang tersaji
Indikator soal: Disajikan sebuah puisi atau kutipan cerpen/novel, peserta didik dapat menentukan kalimat esai yang sesuai dengan isi puisi tersebut
6. meringkas isi karya sastra
Indikator soal: Disajikan kutipan cerpen/novel, peserta didik dapat menentukan kalimat berupa ringkasan kutipan tersebut
Tidak ada komentar:
Posting Komentar