BEDAH KISI-KISI UN SMA/MA BAHASA INDONESIA MEMBACA NONSASTRA: INDIKATOR, SOAL, DAN PEMBAHASAN
I. Lingkup Materi Membaca Nonsastra
A. Level Kognitif Pengetahuan dan Pemahaman ( Mengidentifikasi, Memaknai)
1. memaknai istilah/kata dalam paragraf
Indikator Soal: Disajikan paragraf padu (teks laporan hasil observasi) minimal lima kalimat dan salah satu kalimatnya menggunakan istilah yang sudah lazim dipakai, peserta didik dapat makna/arti istilah yang bercetak miring dalam paragraf tersebut.
2. mengidentifikasi informasi tersurat
a. mengidentifikasi kalimat fakta/opini dalam paragraf
Indikator Soal: Disajikan sebuah paragraf yang berisi pernyataan opini dan fakta (satu atau dua kalimat fakta), peserta didik dapat menentukan kalimat yang berupa fakta dalam paragraf tersebut.
b. mengidentifikasi jawaban tersurat dalam paragraf dengan kata tanya apa, siapa, di mana, kapan, mengapa, atau bagaimana
Indikator Soal: Disajikan sebuah paragraf yang salah satu kalimatnya tidak padu, peserta didik dapat menentukan menjawab pertanyaan tentang isi paragraf dengan kata tanya mengapa atau bagaimana dengan tepat.
c. menentukan isi teks pada paragraf kutipan biografi tokoh (Sastrawan Indonesia)
Disajikan paragraf kutipan biografi tokoh (Sastrawan Indonesia) yang memuat keteladanan tokoh, peserta didik dapat menentukan menjawab pertanyaan tentang isi teks.
d. menentukan hal yang dapat diteladani dari tokoh dalam teks biografi
Indikator Soal: Disajikan paragraf kutipan biografi tokoh (Sastrawan Indonesia) yang memuat keteladanan tokoh, peserta didik dapat menentukan menjawab pertanyaan tentang isi teks.
B. Level Kognitif Aplikasi ( Menginterpretasi, Menggunakan)
1. menemukan ide pokok
Indikator soal: Disajikan paragraf padu yang di dalamnya ada penggunaan kata tidak baku, peserta didik dapat menentukan ide pokok paragraf tersebut.
2. menemukan inti kalimat
Disajikan kalimat luas/majemuk, peserta didik dapat menentukan inti kalimat tersebut
3. menentukan makna rujukan
Indikator soal: Disajikan paragraf yang menggunakan kata acuan, peserta didik dapat menentukan kata/kelompok kata yang dirujuk oleh acuan tersebut
4. menyimpulkan isi tersirat dalam teks
a. menyimpulkan maksud/tujuan/pendapat penulis
Indikator soal: Disajikan paragraf padu yang di dalamnya ada penggunaan kata tidak baku, peserta didik dapat menentukan tujuan penulis menyajikan hal yang diungkapkan dalam teks/paragraf.
b. opini penulis editorial
Indikator soal: Disajikan kutipan tajuk rencana, peserta didik dapat menentukan opini penulis yang terdapat dalam kutipan tersebut
c. keberpihakan penulis editorial
Indikator soal: Disajikan kutipan tajuk rencana, peserta didik dapat menentukan pihak yang dituju oleh penulis dalam kutipan tersebut
5. menentukan kalimat utama/penjelas
Indikator soal: Disajikan paragraf padu (teks laporan hasil observasi) minimal lima kalimat dan salah satu kalimatnya menggunakan istilah yang sudah lazim dipakai, peserta didik dapat menentukan kalimat utama paragraf tersebut.
C. Level Kognitif Penalaran ( Membandingkan, Menunjukkan bukti, Menganalisis Menanggapi/ Mengomentari, Merefleksi, Mengevaluasi, Memvariasikan)
1. membandingkan isi, pola penyajian, dan atau bahasa teks
2. menyimpulkan perbedaan atau persamaan isi teks
Disajikan dua kutipan teks ulasan/artikel, peserta didik dapat menentukan perbedaan/persamaan penyajian atau isi teks tersebut.
3. membandingkan penggunaan bahasa dan pola penyajian beberapa jenis teks (berita, eksposisi, prosedur, editorial, ulasan/resensi)
4. mengomentari isi teks
Indikator: Disajikan kutipan teks, peserta didik dapat menentukan kalimat penilaian terhadap isi teks dengan tepat.
5. menunjukkan bukti suatu simpulan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar