Contoh Soal Analisis bahasa teks laporan hasil observasi

Contoh Soal Analisis bahasa teks laporan hasil observasi Sebelumnya kita sudah dapat menganalisis isi teks laporan laporan hasil observasi. Kita dapat menganalisis bagian-bagian struktur teks laporan. 
Pada topik ini kita akan mempelajari mengenai analisis bahasa teks laporan hasil observasi.
Teks Laporan Hasil Observasi
Teks laporan hasil observasi sama halnya seperti laporan hasil penelitian atau pengamatan. Hasilnya harus dapat dipertanggungjawabkan, runtut, dan jelas. Setiap orang yang akan melaporkan akan menuliskan inti pembicaraan yang sama, meskipun bahasa yang dipakai setiap orang akan berbeda.
Teks laporan hasil observasi memuat pernyataan umum menjadi pernyataan khusus (dapat diklasifikasikan).
Contoh Soal Analisis bahasa teks laporan hasil observasi

SOAL 1
Berbagai jenis ikan dapat kita jumpai di perairan Indonesia. Berdasarkan tempat hidupnya ikan terbagi atas ikan yang hidup di air laut, air payau, dan di air tawar. Ikan yang hidup di air laut contohnya ikan buntal, ikan hiu, ikan kakap, ikan kerapu dan sebagainya. Ikan yang hidup di air payau contohnya ikan bandeng, ikan belut, dan sebagainya. Sedangkan ikan yang hidup di air tawar contohnya ikan belut, ikan gurami, ikan lele, ikan mujair, dan sebagainya.
Pernyataan umum pada teks di atas adalah ....

SOAL 2
Objek yang dapat dijadikan sebagai bahan tulisan pada teks laporan hasil observasi ialah ..

SOAL 3
Kucing adalah salah satu jenis mamalia karnivora yang paling banyak dipelihara oleh manusia. Tak heran bila kucing banyak dikawinsilangkan untuk mendapat spesies baru yang lebih bagus dan lucu. Apalagi bila kita amati dengan jeli, kucing memiliki kebiasaan mengeong, menjilati tubuhnya, dan mengubur kotoran mereka sendiri.

Bila kita baca dengan teliti judul yang paling tepat untuk cuplikan paragraf di atas ialah ....

SOAL 4
Organisasi bangsa-bangsa di Asia Tenggara atau yang terkenal dengan sebutan ASEAN (Association of the South East Asia Nation) kini telah memasuki usia ke-47 tahun. Berdirinya organisasi ini diprakarsai oleh 5 negara yaitu Indonesia, Malaysia, Thailand, Singapura, dan Filipina. Berawal dari kesamaan nasib dan budaya yaitu sama-sama pernah dijajah oleh bangsa lain, kecuali Thailand, letak geografis yang saling berdekatan, dan letak kawasan Asia Tenggara yang sangat strategis sebagai jalur lalu lintas dunia, maka pada tanggal 8 Agustus 1967 ASEAN resmi didirikan. Peresmian itu dihadiri oleh perwakilan masing-masing negara. Indonesia diwakili oleh Adam Malik, Filipina diwakili oleh Narciso R. Ramos, Malaysia diwakili oleh Tun Abdul Razak, Singapura diwakili oleh S. Rajaratman, dan Thailan diwakili oleh Thanat Khoman. Dengan bekal prinsip saling menghormati kini ASEAN mampu menjadi wadah pemersatu bangsa-bangsa di Asia Tenggara.
Paragraf di atas terdiri atas pernyataan khusus atau aspek yang mendukung pernyataan umum, kecuali ....

SOAL 5
“Bank Sampah” sedang menjadi topik perbincangan hangat di kalangan ibu-ibu PKK (Pembinaan Kesejahteraan Keluarga). Meskipun sibuk mengurus rumah tangga, mereka tetap menyempatkan diri mengurus lingkungan di sekitar mereka yaitu memilah-milah sampah kering dan sampah basah. Sampah kering yang ada di sekitar kita misalkan kertas, daun kering, kayu, ranting, plastik, dan segala macam barang yang tidak bisa terurai oleh jasad renik. Sedangkan sampah basah dapat kita temui lewat limbah rumah tangga semisal kulit buah-buahan, batang sayuran, sisa makanan, dan berbagai macam barang yang dapat terurai oleh jasad renik. Walaupun sampah kering sulit terurai, tetapi bisa dihancurkan dengan mesin untuk didaur ulang. Semisal kertas dapat diolah menjadi bubur kertas, plastik dapat diolah menjadi bijih plastik, dan sebagainya. Semoga Peran Pahlawan Lingkungan ini dapat mengasrikan lingkungan dan menjaga sumber daya alam kita agar masih dapat dinikmati oleh anak cucu kita kelak.
Pahlawan Lingkungan memisahkan sampah menjadi ....

SOAL 6
Masyarakat Jawa Timur tentu tidak akan asing dengan kota Malang. Kota yang memiliki sejuta pesona ditambah dengan iklim yang sejuk dan asri membuat kota Malang ramai dikunjungi turis baik dari dalam maupun luar negeri. Mulai dari penginapan, kuliner, objek wisata. penginapan banyak kita jumpai mulai dari home stay, motel, vila, dan hotel. Kuliner mulai dari masakan sampai hasil alam berupa buah-buahan, dan objek wisata yang tak kalah serunya mulai dari candi, air terjun, tempat wisata air, pantai, tempat wisata agro, dan wisata pendidikan.
Klasifikasi objek wisata kota Malang adalah ....

SOAL 7
Sebutan bahasa Indonesia sebagai bahasa pemersatu sekaligus bahasa Nasional kita agaknya harus kita jaga kelestariannya. Globalisasi dan perkembangan IT lambat laun mulai menggerus ketertarikan generasai muda untuk mempelajari dan melestarikannya. Mereka lebih bangga bila mereka memakai bahasa Inggris, Korea, Cina, Arab, gaul, dan sebagainya. Kalau kita amati dengan jeli bahasa Indonesia yang sedikit demi sedikit kita geser kedudukannya justru di belahan dunia lain banyak dipelajari dan dijadikan bahasa kedua dan diajarkan di negara mereka. Sebut saja Vietnam, Australia, Kanada, bahkan Amerika. 
Penggunanan nomina pada paragraf di atas terdapat pada kalimat ke .....

SOAL 8
Kesusastraan Indonesia terbagi atas prosa dan puisi. Prosa terbagi atas Angkatan Balai Pustaka (20-an), Angkatan Pujangga baru (30-an), Angkatan 45, Angkatan 70-an, Angkatan 90-an, dan Angkatan 2000. Sedangkan puisi terbagi lagi atas puisi lama dan puisi baru. Puisi lama meliputi gurindam, hikayat, karmina, dan pantun. Sedangkan puisi baru terdiri atas balada, distikon, elegi, himne, quartain, ode, oktav, quinted, religi, romansa, satire, sektet, septime, soneta, dan terzina. 
Klasifikasi umum pada pernyataan di atas terdapat pada kalimat ke ....

SOAL 9
Kerajaan Majapahit adalah kerajaan tertua dan terbesar di Jawa yang mayoritas penduduknya memeluk agama Hindhu-Budha. Kerajaan ini memiliki 5 raja yang terkenal selain Patih Gajah Mada. Raja yang pernah memerintah di Majapahit antara lain Jayawardhana, Jayanegara, Tribuwana Tunggadewi, Hayam Wuruk, dan Wikramawardhana. Peninggalan Kerajaan Majapahit yang masih bisa kita lihat berupa candi-candi yang tersebar di Jawa.
Klasifikasi umum pada paragraf di atas adalah ....

SOAL 10
Jembatan terpanjang di Indonesia yang menghubungkan antara kota Surabaya dan Pulau Madura adalah Jembatan Suramadu. Jembatan ini memiliki jalur untuk roda empat dan roda dua secara terpisah. Maka, bila kekuatan angin telah melebihi batas yang ditentukan biasanya jalur untuk kendaraan roda dua akan ditutup untuk sementara waktu agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Begitupun bila kekuatan angin sudah sangat kencang , jembatan ini pun tertutup bagi kendaraan roda empat. Hal ini terjadi karena posisi jembatan berdiri di atas Selat Madura, meskipun demikian, banyak masyarakat yang memilih memakai jalur ini untuk pergi ke Pulau madura daripada menyeberang di Pelabuhan Kamal.

Adjectiva pada paragraf di atas terdapat pada kalimat ....
Tentang:

Share:


Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar