Contoh Soal Menyunting isi sesuai dengan struktur isi teks laporan hasil observasi

Contoh Soal Menyunting isi sesuai dengan struktur isi teks laporan hasil observasiPada topik kemarin kita telah belajar apa itu teks laporan hasil observasi. Kali ini kita akan mempelajari cara menyunting isi teks laporan hasil observasi sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan.
Menyunting Isi Teks Laporan Hasil Observasi
Menyunting isi teks laporan hasil observasi adalah menemukan isi paragraf atau simpulan dari sebuah paragraf yang disajikan.
Contoh Soal Menyunting isi sesuai dengan struktur isi teks laporan hasil observasi

SOAL 1
Perhatikan teks berikut ini!
Kebiasaan membaca yang salah dapat menyebabkan berbagai macam gangguan pada mata. Sebut saja miopi atau rabun jauh, hipermetropi atau rabun dekat, kelainan garis, presbiopi atau mata tua dan katarak. Gangguan mata miopi bisa dibantu dengan kaca mata lensa cekung atau kacamata negatif, hipermetropi dengan kacamata lensa cekung atau positif, kelainan garis dengan kacamata silindris, presbiopi dengan kacamata negatif dan positif, sedangkan katarak dengan operasi kecil untuk menghilangkan selaput yang menutupi retina.
Pernyataan umum teks tersebut adalah….

SOAL 2
Makanan pokok masyarakat Indonesia adalah karbohidrat yang banyak kita temukan pada nasi, kentang, ketela, dan umbi-umbian lainnya. Berangkat dari ide kreatif masyarakat Indonesia, maka makanan karbohidrat tidak hanya bisa kita nikmati dengan cara dikukus, tetapi bisa juga digoreng atau dipanggang. Tentunya dengan menambahkan beberapa bahan lain pada bahan makanan pokok agar rasanya sedap dan nikmat. Makanan karbohidrat yang digoreng contohnya nasi goreng, kentang goreng, ketela goreng, dan sebaginya. Adapun makanan karbohidrat yang dipanggang contohnya nasi bakar, kentang tutup, dan sebagainya.
Kata kunci per kalimat pada pargraf di atas ialah....

SOAL 3
Renang adalah salah satu cabang olahraga yang banyak disukai masyarakat di seluruh dunia. Olahraga ini tergolong eksotik karena kita dapat mengeluarkan seluruh energi kita dan menyatu dengan air. Macam-macam gaya renang dapat kita pelajari adalah gaya dada, gaya kupu-kupu, gaya punggung, dan gaya bebas. Inti dari semua gaya adalah penyatuan kita dengan air secara sempurna dan rileks. Tak heran bila olahraga ini juga dipakai sebagai terapi penyakit jantung, rematik, dan hiperaktif.
Kalimat yang berisi klasifikasi terdapat pada kalimat ke....

SOAL 4
Potensi alam di Indonesia ada yang mengkhawatirkan dan ada yang menyenangkan. Salah satu potensi alam yang mengkhawatirkan adalah masih ada beberapa gunung berapi yang aktif di Indonesia. Sebut saja gunung Merapi, gunung Slamet, gunung Kelud, gunung Bromo, gunung Anak Krakatau, gunung Kerinci, dan sebagainya. Adapun potensi alam yang menyenangkan dapat kita temukan pada pantai, air terjun, dan pegunungan.
Bila di buat skema, kata kunci per paragraf di atas ialah....

SOAL 5
Kelinci adalah salah satu hewan peliharaan yang banyak diminati. Selain lucu dan menggemaskan, makanan kelinci mudah kita dapatkan. Untuk mengetahui apakah kelinci itu sehat atau tidak, maka dapat kita lihat dari bentuk telinga, bulu, mata,hidung, ekor, kuku, dan anusnya. Selain sebagai hewan peliharaan, kelinci juga dapat dijadikan hewan potong untuk dikonsumsi oleh manusia. Daging kelinci dapat dibuat sate dan diolah menjadi olahan lainnya.
Isi pernyataan umum di atas ialah....

SOAL 6
Bila kita ingin membuat paragraf teks laporan hasil observasi tentang olahraga atletik, kita dapat membuat paragraf dengan memakai kata kunci perparagraf. Susunan penulisan kata kunci secara urut yang tepat ialah.…

SOAL 7
(1) Pemeriksaan golongan darah manusia berdasarkan sistem I OAB sering dipakai sebagai salah satu alternatif pemeriksaan golongan darah manusia. (2) Sistem pemeriksaan ini sangat sederhana dan mudah. (3) Kita hanya membutuhkan alkohol, kapas, jarum, fiber glass, dan serum. (4) Beberapa menit kemudian kita akan mengetahui golongan darah kita. (5) Ibu-ibu tidak perlu takut bila melihatnya. (6) Percobaan pemeriksaan golongan darah seperti ini banyak dilakukan di beberapa Sekolah Menengah Atas (SMA) di Indonesia.
Isi teks laporan hasil observasi yang tidak padu terletak pada kalimat.…

SOAL 8
Permainan anak yang mulai ditinggalkan zaman sekarang justru permainan anak yang banyak menuntaskan perkembangan motorik. Sebut saja lompat tali, gobak sodor, bermain masak-masakan, dan sebagainya. Permainan ini pelan tapi pasti mulai terkikis karena perkembangan industri IT di Indonesia. Untuk mengatasi hal ini, permainan outdoor merupakan salah satu materi pelajaran di sekolah taman kanak-kanak.
Isi pernyataan umumnya adalah....

SOAL 9
Isi teks laporan hasil observasi yang baik memuat....

SOAL 10
Judul isi laporan teks hasil observasi yang tepat berisi topik....
Tentang:

Share:


Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar