Contoh Soal Meringkas Teks Tantangan

Contoh Soal Meringkas Teks TantanganMateri yang akan dibahas dalam topik ini masih berkaitan dengan teks tantangan. Kalian akan belajar untuk meringkas teks tersebut. Kalian tentu tidak asing dengan istilah meringkas atau ringkasan. Ringkasan dapat diartikan secara sederhana dengan menuliskan kembali isi teks dengan lebih pendek atau lebih ringkas. Jadi, apa itu ringkasan? Bagaimana cara meringkas teks dengan benar? 
      Sebelum menjawab kedua pertanyaan tersebut, cobalah kalian baca dengan cermat teks berikut ini
Hasil penelitian yang dilakukan oleh Badan Narkotika Nasional (BNN) dan Puslitkes-UI yang dilakukan pada 2012, mengungkapkan bahwa pengguna narkoba di Indonesia menurut tingkat ketergantungannya diperkirakan sekitar 3,8 juta-4,2 juta orang. Dari penelitian ini, pengguna narkoba sangatlah banyak dan harus segera diatasi agar jumlah tersebut tidak terus bertambah. Selain itu, peredaran narkoba dan penggunaannya harus segera diatasi oleh semua pihak termasuk masyarakat.

      Narkoba menjadi ancaman besar bagi masa depan seseorang. Jika seseorang terjerat narkoba, maka ia akan menghadapi masalah yang serius, cepat atau lambat. Masalah tersebut diawali dengan ketergantungan diri terhadap obat-obatan terlarang tersebut. Lalu, kesulitan diri untuk fokus belajar, tidak semangat dalam melakukan berbagai aktivitas, kesehatan badan terganggu, melakukan kriminalitas, berurusan dengan polisi, dan sebagainya. Narkoba juga menjadi salah satu penyebab hancurnya sebuah bangsa. 
      Para pelajar SMP 1 Putra Bangsa menyadari ancaman narkoba untuk masa depan, baik untuk diri mereka maupun untuk bangsa. Para pelajar tersebut memiliki ide untuk melakukan pergelaran seni sebagai bentuk penolakan terhadap narkoba. Pergelaran seni tersebut berupa pertunjukan drama atau teater yang mengusung tema ”Selamatkan Negeri dari Narkoba”. Melalui pergelaran seni inilah, pelajar menghimbau tentang bahayanya narkoba. 
      Para pelajar SMP 1 Putra Bangsa melakukan aksi penolakan dengan kegiatan positif. Kegiatan mereka dalam bidang kesenian menjadi bentuk perhatian terhadap keadaan saat ini terutama masalah narkoba. Banyak anak bangsa yang terenggut nyawa mereka karena narkoba. Banyak anak bangsa yang bingung dengan masa depannya karena narkoba. Oleh karena itulah, mereka sebagai pelajar mengajak semua orang untuk menjauhi narkoba. 
Setelah membaca teks tersebut, coba bandingkan isi teks berikut ini dengan teks yang telah kalian baca. Apakah kalian menemukan perbedaannya?
Pengguna narkoba di Indonesia diperkirakan sekitar 3,8 juta-4,2 juta orang. Narkoba menjadi masalah dan ancaman bagi masa depan bangsa. Karena menyadari hal ini, para pelajar SMP 1 Putra Bangsa mengadakan pergelaran seni yang mengusung tema ”Selamatkan Negeri dari Narkoba”. Melalui pergelaran seni tersebut, para pelajar ingin mengajak semua orang untuk menjauhi narkoba karena narkoba dapat merenggut masa depan dan nyawa seseorang. 
      Jika kalian perhatikan, isi teks pertama lebih panjang dibandingkan dengan teks yang kedua. Walaupun begitu, isinya tetap membahas hal yang sama, bukan? Nah, teks kedua tersebut disebut sebagai ringkasan. 
      Ringkasan menjadi penyajian singkat dari sebuah teks. Dalam ringkasan gagasan utama dalam teks disajikan kembali secara singkat sehingga menjadi teks baru yang lebih ringkas. Ringkasan dapat memudahkan kita untuk mengingat isi uraian yang begitu panjang. Dengan membuat ringkasan, kita juga dapat memahami cara seseorang dalam menyusun pikirannya, yakni melalui gagasan-gagasan yang dimulai dari gagasan yang besar menuju gagasan penunjang. Dengan demikian, kita dapat lebih memahami pokok pikiran dan tujuan penulis.

      Hal penting yang diperlukan dalam membuat ringkasan adalah mampu menentukan gagasan utama dalam teks. Ringkasan disusun oleh gagasan-gagasan utama dalam teks yang kemudian dijelaskan kembali dengan menggunakan kata-kata sendiri, dengan arti atau maksud yang sama. 

Langkah-langkah meringkas teks atau bacaan yang benar adalah sebagai berikut.

  1. Bacalah teks yang akan diringkas dengan cermat dan menyeluruh. Teks tersebut dapat dibaca berkali-kali agar gagasan-gagasan dalam teks tersebut dapat dipahami dengan baik.
  2. Catatlah gagasan-gagasan utama dalam teks tersebut dengan ringkas dan jelas.
  3. Susunlah kembali gagasan-gagasan utama tersebut secara sistematis dan logis. Gunakanlah bahasa sendiri.

Contoh Soal Meringkas Teks Tantangan



Bacalah teks berikut dengan cermat!

Para pelajar menjadikan pergelaran seni sebagai aksi antinarkoba. Pergelaran seni tersebut tidak hanya diadakan di lingkungan sekolah tetapi juga di gedung kesenian daerah. Mereka menampilkan berbagai kegiatan kesenian, seperti melukis, menari, bermain drama, dan membuat kerajinan tradisional dengan tema ”Bebaskan Negeri dari Narkoba”. 
      Selain itu, mereka juga ingin menunjukkan kepada masyarakat luas bahwa generasi muda Indonesia memiliki banyak potensi, terutama dalam bidang seni. Potensi tersebut harus dijaga dan dikembangkan. Jangan sampai generasi muda ini tidak memiliki masa depan dan hancur karena narkoba. 
Ringkasan yang sesuai dengan teks tersebut adalah ....
Walaupun sudah berulang-ulang dijelaskan, Pak Hartono tetap menyanggah pernyataan dari saksi tersebut. Padahal, saksi mata itu berada di tempat kejadian perkara. Saksi juga sudah mengaku bahwa dirinya adalah tangan kanan Pak Hartono.
Gagasan utama dalam teks tersebut adalah ....
Bacalah teks berikut dengan saksama!
Warga membantah bahwa mereka telah memberikan izin kepada pihak pabrik untuk mendirikan bangunan di wilayah tersebut. Bangunan tersebut akan digunakan pabrik untuk tempat produksi pembuatan kain. Selain itu, bangunan digunakan untuk gudang penyimpanan barang.
      Jika bangunan tersebut didirikan, maka warga khawatir dengan limbah kimia dari pabrik tersebut. Limbah kimia dapat merusak kondisi air tanah yang sangat dibutuhkan warga untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Selain limbah kimia yang akan mencemari air, polusi udara pun akan menganggu keadaan warga dan lingkungan. 
      Pihak pabrik meminta warga agar tidak perlu khawatir dengan masalah lingkungan karena mereka akan menjaga dengan baik lingkungan di wilayah tersebut. Pihak pabrik mengaku siap bertanggung jawab jika terjadi masalah apa pun. Namun, warga tetap tidak setuju dengan pembangunan tersebut. 
Ringkasan dari teks tersebut adalah ....
  1. Sikap antikorupsi memang harus ditanamkan sejak dini dalam diri generasi muda termasuk pelajar. Dengan demikian, mereka dapat mengetahui dampak dari perilaku korupsi dan menghindarinya saat dewasa nanti.
  2. Lalu, setiap siswa bergiliran untuk membubuhkan tanda tangan pada kain putih sepanjang seratus meter yang telah dibentangkan.
  3. Aksi yang dilakukan para siswa tersebut diawali dengan apel antikorupsi yang diikuti oleh setiap kelas di lapangan sekolah. Setelah apel, beberapa orang perwakilan siswa membacakan puisi bertemakan antikorupsi.
  4. Ratusan siswa SMP 5 Harapan Negeri menggelar aksi menolak perilaku korupsi. Aksi tersebut menjadi bagian dari peringatan hari antikorupsi sedunia, yang jatuh pada tanggal 9 Desember.
Urutan kalimat-kalimat yang tepat untuk menjadi susunan teks tantangan yang benar adalah ....
Karena memahami pentingnya kejujuran, siswa SMP 1 Putra Bangsa mengajak agar siswa yang akan melaksanakan Ujian Nasional dan pendidik di sekolah tersebut berusaha dengan cara yang benar. (...)
Kalimat yang tepat untuk melengkapi teks tantangan tersebut adalah ....
Warga Taman Burung, Kelurahan Pluit, Penjaringan, Jakarta Utara menggelar orasi secara bergantian di depan kantor Balaikota untuk menolak penggusuran terhadap tempat tinggal mereka. Penggusuran tersebut dilakukan karena adanya proyek Waduk Pluit. 
      Proses negosiasi sudah dilakukan antara warga dengan pihak kelurahan dan Polres setempat tetapi belum mencapai kesepakatan. Walaupun terdengar kabar ada tawaran ganti rugi yang didapatkan oleh warga, tetapi tawaran tersebut tidak sesuai. 
Ringkasan yang sesuai dengan teks tersebut adalah ....
Dengan berpura-pura sakit perut, seorang siswa SMP memberikan alasan pada orangtuanya untuk tidak masuk sekolah. Awalnya, orangtua siswa tidak merasa curiga tetapi sudah tiga hari lamanya, siswa tersebut terus merasa sakit perut. Padahal, dokter mengatakan tidak ada yang salah dengan perutnya. Orangtua siswa mulai curiga dan bertanya kepada siswa tersebut. Akhirnya, orangtua siswa pun tahu bahwa anaknya tidak ingin masuk sekolah karena sering di-bully oleh teman-temannya. Seorang siswa yang seharusnya senang belajar dan merasa nyaman, malah merasa takut untuk bertemu dengan teman-temannya di sekolah. Oleh karena itulah, mari hentikan dan selamatkan generasi muda negeri ini dari aksi bullying
Cuplikan teks tersebut bertujuan untuk memengaruhi pembaca supaya ....
Baik sedikit maupun banyak, miras tetap akan merusak tubuh. Tubuh yang seharusnya kita jaga akan mengalami masalah kesehatan. Cepat atau lambat, alkohol yang masuk ke dalam tubuh akan menyebabkan penyakit yang serius. Sudah tahu miras itu dilarang, tetapi tetap saja diminum. Padahal, tidak memberikan manfaat sedikit pun. Selain itu, miras dapat mengganggu kesehatan psikologis seseorang. Oleh karena itulah, miras harus dijauhi dan dilarang beredar di dalam masyarakat karena hanya memberikan dampak yang buruk.
Gagasan utama dalam teks tersebut adalah ....
Pihak yang tidak setuju dengan larangan penyelenggaraan Masa Orientasi Siswa (MOS) menilai bahwa masa orientasi tersebut masih perlu diselenggarakan untuk pengenalan lingkungan sekolah. Siswa juga belajar untuk menyesuaikan diri dan lebih mudah mengenal banyak teman serta guru di sekolah. Pihak sekolah hanya perlu memerhatikan hal-hal penting dalam acara masa orientasi tersebut. Acara yang dilaksanakan saat MOS tidak berkaitan dengan tindakan kekerasan. Selain itu, acara dapat diisi dengan kegiatan kreatif yang menyenangkan dan memberikan nilai pendidikan sehingga memberikan pengaruh yang positif bagi siswa.
Berikut pernyataan yang sesuai dengan teks tersebut, kecuali ....
Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) menolak dan menilai bahwa kebijakan dalam pembatasan kepemilikan kendaraan pribadi dengan usia 10 tahun adalah kebijakan yang tidak tepat bahkan malah menguntungkan industri otomotif. Kebijakan ini dianggap menjadi salah satu cara untuk mengatasi kemacetan di DKI Jakarta. Padahal, mengatasi kemacetan bukan dengan membatasi kepemilikan kendaraan tetapi penggunaan kendaraan tersebut. 
      Alangkah baiknya, transportasi di ibukota dibenahi dulu dengan baik. Dengan demikian, masyarakat akan tertarik untuk menggunakan transportasi umum karena nyaman dan aman, seperti di Singapura atau negara maju lainnya. Saat ini saja, kondisi Transjakarta yang menjadi alat tansportasi umum andalan masih belum baik pelayanannya.
Ringkasan yang sesuai dengan teks tersebut adalah ....
Tentang:

Share:


Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar