Contoh Soal Definisi dan Stuktur Teks Rekaman Percobaan

Contoh Soal Definisi dan Stuktur Teks Rekaman PercobaanDalam kehidupan sehari-hari, kita sering menemukan berita-berita gembira tentang keberhasilan seseorang dalam menemukan teknologi baru, baik teknologi dibidang kesehatan, transportasi, pendidikan, dan hal lainnya. Satu hal yang tidak bisa dilepaskan dari kegiatan penemuan itu adalah adanya teks rekaman percobaan. 
      Nah, Pada topik kali ini, kalian akan belajar materi mengenai teks rekaman percobaan. Teks ini berisi kegiatan percobaan yang dimulai dari pendahuluan sampai pada pengambilan simpulan. 

Perhatikan contoh teks rekaman percobaan berikut ini




Setelah membaca teks tersebut, apakah kalian dapat memahami teks rekaman percobaan? Lalu, apa saja struktur teks tersebut? 
      Pendahuluan dalam teks rekaman percobaan merupakan bagian teks yang berisi latar belakang tentang percobaan/penelitian yang akan dilakukan. Dalam bagian ini juga dikemukakan tujuan dan masalah yang menjadi dasar dilakukannya percobaan/penelitian tersebut. 
      Landasan teori/kajian pustaka dalam teks rekaman percobaan menjadi bagian yang berisi tentang teori yang relevan untuk digunakan dalam penelitian. Teori yang digunakan bukan hanya sekadar pendapat dari seseorang tetapi teori tersebut sudah benar-benar teruji, pasti, dan nyata. Adapun kajian pustaka merupakan referensi yang dapat digunakan oleh peneliti dalam melakukan penelitian, misalnya referensi berupa buku, artikel, jurnal, skripsi, tesis, karya ilmiah, dan sebagainya. Kajian pustaka ini digunakan peneliti untuk mengetahui berbagai penelitian yang telah dilakukan dan yang berkaitan dengan penelitian yang akan dilakukan. 
      Selain itu, metode penelitian menjadi tata cara untuk melakukan penelitian/percobaan. Dalam metode penelitian ini dikemukakan tentang alat, bahan, langkah-langkah, yang digunakan untuk mengumpulkan data penelitian. Adapun paparan data dan hasil percobaan merupakan bagian yang menjelaskan dengan rinci data yang telah dikumpulkan dan hasil percobaan yang telah dilakukan oleh peneliti. Dalam bagian ini peneliti mengemukakan tentang hal-hal penting yang dtemukan selama percobaan yang telah disesuaikan dengan rumusan masalah. 
      Pada akhir teks rekaman percobaan, ada simpulan yang menjadi bagian akhir dari teks tersebut. Simpulan merupakan rumusan singkat yang diambil dari hasil penelitian yang telah dilakukan. Dengan memahami contoh dan struktur teks rekaman percobaan, kita dapat menyimpulkan bahwa teks rekaman percobaan dapat didefinisikan sebagai teks yang memaparkan suatu percobaan yang telah dilakukan oleh penulis/seseorang. Teks ini bermanfaat bagi seseorang dalam penyusunan karya ilmiah atau laporan penelitian.



Contoh Soal Definisi dan Stuktur Teks Rekaman Percobaan

Berikut ini yang termasuk ke dalam pendahuluan teks rekaman percobaan adalah ....
Berikut ini yang termasuk ke dalam simpulan dari hasil penelitian dalam teks rekaman percobaan adalah ....
Penelitian dilaksanakan secara mandiri selama satu minggu, yaitu dimulai pada tanggal 10-17 November 2015. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang bersifat deskriptif dan memerlukan analisis. Penulis juga melakukan teknik pengumpulan data dengan cara mengumpulkan data-data dan informasi pada lokasi dan objek penelitian.
Bagian struktur yang ditunjukkan dalam teks rekaman percobaan tersebut adalah ....
  1. Buatlah kertas dengan bentuk persegi berukuran 10 cm x 10 cm
  2. Masukkan satu sendok baking soda dan lipat berbentuk persegi
  3. Masukkan ½ gelas kecil yang berisi cuka dan ¼ gelas kecil air hangat ke dalam wadah plastik
Cuplikan teks tersebut termasuk ke dalam ....
Perhatikanlah tabel berikut ini! 

Pernyataan yang sesuai untuk hasil percobaan dalam tabel tersebut adalah ....
Penyataan yang merupakan pendefinisian adalah ....
Tabel tersebut menunjukkan data jumlah sampah yang masuk ke tempat pembuangan akhir setiap harinya. Sebanyak 80% sampah berasal dari rumah tangga. 
Cuplikan teks tersebut lebih tepat ditulis pada bagian ....
A. Tresna Sastrawijaya (1991) menyatakan bahwa tumpukan sampah padat tidak dapat diurai oleh mikroorganisme pengurai. Dalam waktu yang lama sampah tersebut akan mencemari tanah. Selain itu, sampah merupakan bahan yang tidak digunakan lagi karena bagian utama dari sampah tersebut sudah diambil melalui pengolahan. 
Bagian struktur yang ditunjukkan dalam teks rekaman percobaan tersebut adalah ....
Perhatikanlah kalimat-kalimat berikut ini!
  1. Berdasarkan survei pada bulan Juli 2013, ada sekitar 1.200-1.300 ton sampah yang terus bertambah setiap hari di Kota Bandung. Adapun pertambahan sampah terjadi di kota-kota besar di Indonesia dengan jumlah sekitar 700 ton per hari.
  2. Sampah bukan lagi sebatas masalah kebersihan tetapi juga ancaman untuk kehidupan di bumi. Sampai saat ini, sampah menjadi masalah besar bagi Indonesia.
  3. Sampah memang menjadi tumpuhan bahan-bahan yang sudah tidak dapat dimanfaatkan lagi. Namun, sampah masih bisa dimanfaatkan untuk dijadikan sumber pembangkit tenaga listrik. Penelitian ini akan menjelaskan secara desktiptif tentang cara membuat pembangkit listrik tenaga sampah dengan sederhana.
  4. Sampah yang terus bertambah memerlukan tempat penampungan yang lebih luas. Tempat penampungan tersebut harus jauh dari lingkungan masyarakat karena dapat menyebabkan bau yang menyengat dan sumber penyakit.
Berikut ini susunan kalimat yang padu untuk pendahuluan teks rekaman percobaan adalah ....
Berikut ini teks yang menunjukkan tujuan penelitian adalah ....
Tentang:

Share:


Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar