Contoh Soal Ciri-Ciri Bahasa Teks Rekaman Percobaan

Contoh Soal Ciri-Ciri Bahasa Teks Rekaman PercobaanTeks rekaman percobaan adalah teks nonfiksi yang berisi pemaparan laporan hasil percobaan atau penelitian yang secara keilmuan dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. 
Ciri Bahasa Teks Rekaman Percobaan
Sebagai salah satu karya ilmiah, bahasa yang digunakan dalam teks rekaman percobaan memiliki ciri-ciri sebagai berikut.
KALIMAT KOMPLEKS DAN KATA PENGHUBUNG
Dalam teks rekaman percobaan, terdapat kalimat yang terdiri atas lebih dari satu klausa atau struktur (gabungan kata yang memiliki dua predikat atau lebih). Kalimat semacam itu dinamakan juga kalimat kompleks atau kalimat majemuk. Salah satu ciri utama kalimat kompleks adalah memiliki kata penghubung atau yang lebih dikenal dengan konjungsi. Ada dua jenis kalimat kompleks, yaitu sebagai berikut.
Kalimat Kompleks Parataktik
Kalimat kompleks parataktik adalah kalimat yang terdiri atas dua unsur yang memiliki makna setara atau sejajar. 
Contohnya:
Botol air mineral dipotong dua bagian dan lubangi ujung atasnya.
Melindungi kayu dari rayap bisa dengan racun khusus rayap atau dengan melumuri kayu menggunakan oli bekas.
Andi menyukai pelajaran IPA, sedangkan Anto menyukai pelajaran Bahasa Indonesia.
Sandi mencampur gula dengan air lalu menaruhnya di dalam botol.
Kalimat Kompleks Hipotaktik
Kalimat kompleks hipotaktik atau yang memiliki nama lain kalimat majemuk bertingkat adalah kalimat yang merupakan hasil penggabungan dua atau lebih kalimat tunggal yang memiliki makna tidak sejajar atau bertingkat. 
Contohnya:
Setelah mendapatkan bahan yang dibutuhkan, kita sudah bisa mulai membuatnya.
Asalkan tidak salah perhitungan, percobaan yang kita lakukan pasti berhasil.
Jumlah telur yang digunakan harus sesuai agar hasilnya maksimal.
Walaupun terlihat mudah, kita tetap harus serius mengerjakannya.
Lebih baik memanfaatkan barang bekas untuk menghias rumah daripada harus membeli perlengkapan yang baru dan mahal.
Perlu ketepatan dalam mencampurkan bahan-bahan yang ada karena akan mempengaruhi kualitas produk yang akan kita ciptakan.
Jumlah air yang dicampurkan terlalu banyak sehingga adonan menjadi lebih encer.
Kita bisa mengaduk adonan kertas dengan mixer yang biasa digunakan untuk mengaduk adonan kue.
Seandainya aku mengikuti nasihat ibu, akhir cerita pasti akan berbeda.
Semangatnya yang besar menunjukkan bahwa dia memang sangat ingin menjadi seorang ilmuan.
KATA RUJUKAN
Kata rujukan adalah kata atau gabungan kata yang merujuk kepada kata, frasa, klausa, atau kalimat lain yang muncul sebelumnya. Berikut ini adalah dua kelompok kata rujukan.
- Kata Ganti Orang
Kata ganti orang di antaranya adalah kata ganti orang pertama (saya dan aku), kata ganti orang kedua (kamu, Anda, dan kalian), dan kata ganti orang ketiga (ia, mereka, dan dia).
Contoh:
Raissa, Rifany, dan Sheila mendapat tugas dari gurunya untuk membuat sebuah alat sederhana yang berasal dari barang-barang bekas. Setelah berdiskusi dan mencari inspirasi dari buku dan internet, akhirnya mereka memutuskan untuk membuat pot tanaman hidroponik dari botol-botol bekas air mineral. 
- Kata Ganti Benda
Kata ganti benda di antaranya adalah ini, itu, di sini, di situ, di sana, dan tersebut.
Contoh:
Raissa, Rifany, dan Sheila mendapat tugas dari gurunya untuk membuat sebuah alat sederhana yang berasal dari barang-barang bekas. Setelah berdiskusi dan mencari inspirasi dari buku dan internet, akhirnya mereka memutuskan untuk membuat pot tanaman hidroponik dari botol-botol bekas air mineral. Karya mereka tersebut rencananya akan diikutkan pula dalam lomba cipta karya tingkat kabupaten.
ISTILAH TEKNIS
Dalam teks rekaman percobaan, biasanya muncul istilah teknis. Istilah teknis adalah istilah khusus yang ada dalam keilmuan atau bidang tertentu. 
Contoh:
Raissa, Rifany, dan Sheila mendapat tugas dari gurunya untuk membuat sebuah alat sederhana yang berasal dari barang-barang bekas. Setelah berdiskusi dan mencari inspirasi dari buku dan internet, akhirnya mereka memutuskan untuk membuat pot tanaman hidroponik dari botol-botol bekas air mineral. Karya mereka tersebut rencananya akan diikutkan pula dalam lomba cipta karya tingkat kabupaten. Produk mereka akan bersaing melawan berbagai produk daur ulang lainnya guna memperebutkan hadiah utama, yaitu beasiswa belajar.
Hidropinik : cara bercocok tanam tanpa menggunakan tanah, biasanya menggunakan media air yang berisi zat hara.
Daur ulang : pemprosesan kembali bahan yang pernah dipakai.


Contoh Soal Ciri-Ciri Bahasa Teks Rekaman Percobaan

  1. Percobaan yang dilakukan dengan cara 2 gagal.
  2. Percobaan yang dilakukan dengan cara 1 berhasil.
Penggabungan dua kalimat tunggal di atas yang tepat adalah ....
Perhatikan teks rekaman percobaan berikut ini!
MEMBUAT LODONG
(1)Pernahkan memainkan meriam bambu? (2)Meskipun namanya meriam, mainan tradisional ini tidak terlalu berbahaya. (3)Jika dimainkan dengan benar dan di tempat yang tepat (tanah lapang atau sawah), mainan ini akan sangat mengasyikan. (4)Berikut ini adalah langkah-langkah pembuatan meriam bambu.
....
Kalimat yang merupakan kalimat kompleks dalam paragraf di atas adalah kalimat nomor ....
Kalimat yang merupakan kalimat kompleks hipotaktik hubungan komplementasi adalah ....
Perhatikan penggalan teks rekaman percobaan berikut ini!
Hal yang pertama kali kita lakukan untuk membuat infused water adalah menyiapkan bauh-buahan, sayuran, dan dedaunan yang akan dijadikan bahan utama. Setelah itu, cuci semua bahan ... air bersih yang mengalir ... potonglah menjadi bagian-bagian kecil. Langkah tersebut harus dilakukan dengan berurutan. ... memotong terlebih dahulu sebelum mencuci, kandungan vitaminnya akan hilang.
Kata penghubung atau konjungsi yang tepat untuk melengkapi teks di atas adalah ....
Perhatikan penggalan teks rekaman percobaan berikut ini!
Air dan cahaya matahari adalah unsur yang sangat penting dalam pertumbuhan sebuah tanaman berfotosintesis. Percobaan kali ini akan mencoba membuktikan tingkat kebutuhan tanaman terhadap kedua unsur penting tersebut.
      Tanaman pertama akan diberi air dan cahaya matahari yang cukup. Tanaman kedua akan diberi air yang cukup, namun tanpa cahaya matahari. Tanaman yang ketiga akan diberi cahaya matahari yang cukup, namun tanpa sedikit pun air. Tanaman yang terakhir tidak akan diberikan air dan cahaya matahari.
Pernyataan yang tepat sesuai dengan paragraf di atas adalah ....
Penulisan kata rujukan yang tepat terdapat pada paragraf ....
Perhatikan penggalan teks rekaman percobaan berikut ini!
Berdasarkan pengamatan kelompok kami, penggunaan masker di kalangan siswa SMA yang mengendarai motor sangat minim. Banyak siswa yang menganggap bahwa masker cukup merepotkan. Selain itu, ada juga di antara mereka yang menganggap bahwa model masker tidak keren bagi mereka karena hanya memiliki model yang begitu-begitu saja. Hal tersebut menggugah kami untuk membuat masker yang sederhana, namun memiliki nilai trendi bagi pemakainya.
Kata yang dicetak miring dalam paragraf di atas merujuk kepada ....
Perhatikan penggalan teks rekaman percobaan berikut ini!
Penggunaan masker atau alat untuk menutup mulut dan hidung sangat berguna untuk meminimalkan polutan yang masuk ke dalam tubuh akibat polusi udara.
Secara berturut-turut, arti kedua kata yang dicetak miring adalah ....
... adalah alat yang berupa teropong besar yang digunakan dalam ... atau ilmu yang mempelajari benda-benda langit. Perkembangan ilmu tersebut tentu tidak bisa lepas dari pemakaian alat ini. ... yang dijual dipasaran harganya sangat mahal. Untuk mengakalinya, kita bisa membuatnya sendiri. Selain lebih ..., kita juga bisa melatih diri kita untuk lebih kreatif.
Istilah teknis yang tepat untuk mengisi bagian rumpang di atas adalah ....
Perkecambahan benih jagung dimulai dengan penyerapan air oleh benih melalui proses imbibisi. Proses ini mampu meningkatkan aktivitas enzim sehingga benih membengkak.
Arti istilah teknis yang dicetak miring di atas secara berurutan adalah ....
Tentang:

Share:


Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar