Contoh Soal Membandingkan Teks Rekaman Percobaan dengan Teks Prosedur

Contoh Soal Membandingkan Teks Rekaman Percobaan dengan Teks ProsedurSebelum membahas materi pada topik ini, coba bacalah teks berikut ini. 
Teks 1
                  Pengaruh Cahaya terhadap Pertumbuhan Kacang Hijau
Pendahuluan
1. Latar Belakang
Proses pertumbuhan akan dialami oleh setiap makhluk hidup termasuk tumbuhan. Tumbuhan dapat tumbuh dengan baik karena dipengaruhi oleh berbagai faktor. Salah satunya adalah faktor intensitas cahaya selama proses pertumbuhan. Sudah banyak teori yang menyatakan bahwa cahaya sangat penting untuk membantu tumbuhan dalam berkembang. Untuk mempelajari dan mengetahui kebenaran hal itu, peneliti melakukan percobaan terhadap tumbuhan kacang hijau. Peneliti mengambil jenis tumbuhan ini karena kacang hijau tidak memerlukan banyak waktu dalam proses pertumbuhannya. 
2. Rumusan Masalah
Permasalahan yang akan dibahas dalam penelitian ini adalah sebagai berikut.
a. Apakah cahaya memberikan pengaruh terhadap pertumbuhan kacang hijau?
b. Bagaimana keadaan tumbuhan kacang hijau yang mendapatkan cahaya matahari?
c. Bagaimana keadaan tumbuhan kacang hijau yang tidak mendapatkan cahaya matahari?
3. Tujuan
Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut. 
a. mengetahui proses pertumbuhan kacang hijau 
b. mengetahui pengaruh cahaya terhadap pertumbuhan kacang hijau 
Landasan Teori 
Menurut Harjadi, pertumbuhan tanaman merupakan penambahan tinggi tanaman dan jumlah daun serta berat kering yang tidak dapat kembali ke bentuk semula. Tanaman mengalami tiga tahap dalam proses pertumbuhannya, yaitu perkecambahan, pertumbuhan primer, dan pertumbuhan sekunder. 
Dalam proses pertumbuhan tanaman memerlukan cahaya matahari. Setiap tumbuhan memerlukan jumlah cahaya yang berbeda untuk melakukan fotosintesis. Jumlah cahaya yang berlebihan akan membuat proses pertumbuhan terhambat kerena dapat merusak hormon pertumbuhan atau auksin. 
Metode Penelitian
Penelitian dilakukan pada hari Jumat, 29 Januari 2016 - 5 Februari 2016 di halaman rumah dan di ruangan dalam rumah. Halaman rumah dijadikan tempat penelitian untuk melihat pertumbuhan kacang hijau yang terkena langsung sinar matahari. Adapun ruangan di dalam rumah digunakan untuk melihat pertumbuhan kacang hijau yang tidak terkena sinar matahari secara langsung. Ruangan di dalam rumah ini dapat berupa gudang yang tertutup, tidak ada cahaya matahari atau di bawah tempat tidur. 
Penelitian ini menggunakan metode eksperimen yang merupakan metode yang dilakukan dengan manipulasi terhadap objek penelitian disertai dengan pengontrolan yang sesuai. 
Paparan Data dan Hasil Percobaan 
Adapun alat dan bahan yang diperlukan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut. 
1. 20 buah kacang hijau (5 buah biji tiap gelas)
2. kapas
3. air 
4. 4 buah gelas (dua gelas di tempat terang dan 2 gelas di tempat gelap) 
5. penggaris
6. alat tulis
7. kamera 
Di samping itu, langkah-langkah yang dilakukan dalam percobaan/penelitian ini adalah sebagai berikut. 
1. Masukkan gumpalan kapas yang telah diberi air/dibasahi secukupnya ke dalam gelas. 
2. Masukkan kacang hijau ke dalam gelas. Aturlah jarak dari setiap kacang hijau dalam gelas tersebut agar tidak berdesakan saat tumbuh nanti. 
3. Simpanlah 2 gelas yang telah diisi kacang hijau di halaman rumah dan 2 gelas di ruangan dalam rumah yang tidak terkena cahaya matahari. 
4. Segeralah basahi kapas jika mengering sehingga kapas kembali lembab. 
5. Amatilah perkembangan kacang hijau tersebut. Lalu, catat dan dokumentasikan hasil pengamatan pada setiap harinya.
Berikut ini data yang diambil dari hasil pengamatan terhadap pertumbuhan kacang hijau selama 7 hari. 


Setelah melakukan penelitian, kacang hijau yang diletakkan di tempat terang dan di tempat gelap ternyata tumbuh dengan hasil berbeda. Biji kacang hijau yang terkena cahaya matahari secara langsung mengalami pertumbuhan yang lambat. Daun tumbuh dengan lebar dan tebal, memiliki warna hijau dan batang tegak dengan kokoh. Kacang hijau yang tumbuh di tempat yang terang mendapatkan cahaya matahari yang sangat besar sehingga pertumbuhannya lambat. Hormon auksin dalam kacang tersebut terurai oleh sinar matahari dan banyak kacang hijau yang tidak tumbuh karena biji yang rusak serta hormon auksin yang tidak bekerja karena kelebihan cahaya. 
Adapun biji kacang hijau yang tidak terkena cahaya matahari secara langsung mengalami pertumbuhan yang cepat, yaitu memiliki batang yang tinggi dengan daun yang tipis dan berwarna pucat. Selain itu, batang melengkung dan tidak kokoh. Hormon auksin yang ada pada biji kacang hijau pun menjadi sangat aktif karena bekerja secara optimal. Dengan demikian, pertumbuhan kacang hijau menjadi sangat cepat tetapi kurang merata.
Simpulan
Dari hasil penelitian, peneliti menyimpulkan bahwa cahaya matahari memiliki pengaruh yang besar terhadap pertumbuhan tanaman termasuk pertumbuhan kacang hijau. Namun, jumlah cahaya matahari yang dibutuhkan setiap tumbuhan berbeda-beda. Cahaya matahari perlu disesuaikan dengan karakteristik setiap tanaman sehingga tidak merusak hormon pertumbuhan dan membuat proses perkembangan tanaman tersebut. 
Teks 2

Perbandingan kedua teks di atas adalah sebagai berikut

Perbedaan

Persamaan


Contoh Soal Membandingkan Teks Rekaman Percobaan dengan Teks Prosedur

Perbedaan dari kedua teks tersebut adalah ....
Dengan memanfaatkan kardus yang tidak terpakai, kita dapat membuat sesuatu yang bermanfaat, seperti membuat tempat tisu yang unik. Apalagi pembuatan tempat tissu ini memiliki tujuan agar kita dapat memanfaatkan barang-barang bekas, meningkatkan kreativitas dalam menciptakan suatu hal yang baru, dan menghasilkan barang yang memiliki nilai ekonomis. 
Teks tersebut tergolong ke dalam ....
Ada lima depot air minum di wilayah Banjarsari yang memiliki kriteria baik dalam perilaku dan pemeliharaan alat dan memenuhi sesuai parameter yang dicanangkan oleh PERMENKES No. 492 Tahun 2010 tentang Persyaratan Kualitas Air Minum. Ada 7 depot dengan kategori cukup dalam perilaku dan pemeliharaan alat, yang di antaranya 3 depot telah memenuhi parameter yang diuji dan 4 depot belum memenuhi parameter. Depot air isi ulang yang diperlakukan dan dipelihara dengan baik akan memengaruhi kualitas produksi air.
Pernyataan yang sesuai dengan teks tersebut adalah ....
Persamaan dari kedua teks tersebut adalah ....
Proses perkecambahan benih jagung dimulai dengan penyerapan air oleh benih melalui proses imbibisi (1) Dengan proses ini, benih menjadi bengkak yang disertai dengan peningkatan aktivitas enzim (2) Lalu, koleoriza memanjang dan menembus pericarp kemudian radikula menembus koleoriza (3) Setelah radikula muncul, ada empat akar seminal lateral yang ikut tumbuh (4)
Kalimat yang tidak mengandung istilah biologi dalam penggalan teks rekaman percobaan tersebut ditunjukkan oleh nomor ....
Persamaan dari kedua teks tersebut adalah ....
Teks tersebut menjelaskan tentang ....
Berdasarkan hasil penelitian, bobot total ikan mas (bibit) yang ada dalam akuarium gelap adalah 68 g dan akuarium terang 80 g. Selain itu, analisis dalam laju pertumbuhan dan pengukuran bobot ikan mas di dalam akuarium gelap rata-rata 16,8 g dan 20 g untuk akuarium terang. Bobot ikan mas yang ada dalam akuarium terang lebih tinggi karena akuarium mendapatkan cahaya matahari yang cukup.
Dalam teks rekaman percobaan, cuplikan teks tersebut ditempatkan pada bagian ....
Ikan mas yang hidup dalam sungai yang mengandung limbah detergen mengalami kondisi fisik yang lemah, bahkan sampai mati. Kondisi seperti ini dapat menyebabkan populasi ikan-ikan di sungai semakin berkurang. Selain ikan, banyak organisme lain seperti fitoplankton, protozoa atau zooplankton, cyanobacteria, dan sebagainya yang hidup di sungai. Namun, akibat larutan detergen dan polutan lainnya yang mencemari air sungai, seluruh organisme tersebut akan musnah. 
Cuplikan teks tersebut memberikan gambaran bahwa ....
Pernyataan yang tepat untuk menunjukkan kedua cuplikan teks tersebut adalah ....
Tentang:

Share:


Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar